Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Petualangan gua kali ini, merupakan rangkaian perjalanan darat, dimulai dari Singapura lanjut ke Johor Bahru, Kuala Lumpur, lalu berakhir di Penang. Sebelumnya gua udah nulis pengalaman gua di Singapur selama 2 hari di sini. Dan ini petualangan gua di hari ke tiga, di dua kota, lintas negara. Siangnya di Singapur, lalu naik bus ke JB, dan tengah malam ke KL naik sleeper train.

Malam sebelumnya gua udah browsing internet gimana caranya ke KL dari Singapur. FYI, perjalanan gua ini tanpa itinerary, tanpa internet portable, jadi jalan dengan modal nekat dan dengkul plus wifi gratisan di hostel. Dari informasi yang gua dapat di internet, ke KL bisa ke JB Central dulu di Johor Bahru, dengan bus atau kereta. Dari tempat gua di little India ternyata strategis. Naik bus atau naik kereta, sama-sama dekat.

Queen Street Terminal

Gua akhirnya milih pake bus. Soalnya lebih mudah, dan sekali jalan, plus jadwal busnya lebih sering dibanding naik kereta. Kalau naik kereta, perlu transit sana-sini. Kalau yang sekali jalan, ada jam-jam tertentu yang kayaknya gua belum tentu bangun buat kejar jadwal itu. Hahahaa...

So, pagi-pagi setelah packing barang, mandi dan sarapan gratisan di hostel, gua check-out lalu jalan ke Bugis Station buat nuker nukerin Singapore Tourist Pass. Mayan, dapat modal jajan SGD10. Lalu gua jalan deh ke Queen Street Terminal, ikutan ngantri ma orang-orang yang udah banyak juga antriannya. Gua nanya ke orang-orang, pada mau ke mana. Kebanyakan emang mau ke JB kalau ga, minimal sampe Woodland. Orang-orang ngantri buat beli tiket ya, dan tiket dijual setelah bus nya datang.

Singapore - Johor Bahru by Bus

Antrian mulai ngular sampai keluar jalur antri yang udah disiapin. Pilihan busnya ada 3 jenis; SBS no.170 (Singapura), Causeway Link no. CW 2 (Malaysia) dan SIngapore Johor Bahru Express (SJE, Malaysia). Ga penting naik bus yang mana, yang penting gua naik yang mau berangkat aja. Dan kebetulan waktu itu yang mau berangkat, bus SJE. Begitu bus datang, beli tiket seharga SGD3 (UPDATE, sekarang harganya SGD3,3), langsung naik bus. Busnya oke koq, ber AC, rapih, semacam bus patas di Jakarta lah.

ASEAN, Asia, Backpacking, Backpacking murah, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, Flashpacking murah, Indochina, itinerary, jalan-jalan, jalan-jalan murah, johor bahru, Malaysia, Travelling, Travelling Murah, JB Central, JBCC, JB City Center, KTM, ETS, Singapura, Singapore, Singapore to Johor, pasar malam
Tiket Singapore-Johor Bahru Express (SJE), kayak gini doank.

Ga berapa lama, bus nya pun jalan. Lewatin beberapa bus stop dan terminal di sepanjang perjalanan menuju Woodland. Nanti bakal masuk jalan tol. Pemandangan sepanjang jalan tol sih, not so sophisticated ya, cuma banyak hutan dan jalanan lebar dan bersih dan ga macet dan ga kayak pemandangan jalan tol dalam kota di kampung gua. Ehm, ini nyindir loh, ehm.

Sekitar 45 menit, sampai di Woodland, kita diminta turun dari bus buat checkpoint. Gua ngikut aja tuh orang-orang. Ingat, barang bawaannya (koper dan sebagainya) dibawa turun juga yaa. Akhirnya sampai di area petugas imigrasi. Gua deg-deg-an loh, soalnya sering baca kalau di imigrasi Singapur, sering di rese-in. Taunya cepet banget, dan ga begitu ngantri, karena lagi bukan musim liburan. Dan kayaknya karena kebanyakan wajah melayu yang mau keluar dari Singapur, jadi dipersilahkan dengan suka hati ama petugasnya. Ohiya, kebanyakan orang-orang yang satu bus ama gua emang orang Malaysia tinggal di JB, yang entah lagi ngapain di Singapur. Cari kerja kalik.

Keluar dari imigrasi, kita naik bus lagi buat nyeberang jembatan Johor Causeway, ke arah JB. Di sini antrian sedikit chaos, tapi masih acceptable. Ambil bus dari perusahaan yang sama yang dinaikin sebelumnya. Setelah dapat bus, dan nyeberang deh. Perjalanan yang ga sampe 5 menit, di kiri-kanan yang terlihat tuh jalanan beraspal dengan laut sebagai background. Dan di ujung horizon mulai kelihatan bangunan-bangunan menjulang yang nampaknya keren dan billboard wajah-wajah orang yang gua ga kenal -kan iklan sana, mana gua tau.

Sampai di ujung jembatan, kita turun lagi dari bus, lalu masuk ke arah imigrasi lagi. Kali ini ruangan imigrasinya cukup luas, semacam hall gede gitu. Apalagi dengan jumlah orang yang datang ga sebanyak itu, jadi kelihatan luaaas banget. Gua pilih ngantri di bagian petugas imigrasi yang berparas oke dan murah senyum, at least kalau digalakin gua tetap bisa enjoy menikmati senyumannya. Halaah.

Pas giliran gua, langsung diajak ngobrol ma mbaknya.

"pertama kali (ke Malaysia)?" katanya sambil cek passpor gua

"yes" kata gua sambil senyum biar ga diresein.

"jadi anda sudah beberapa kali ke negara lain, but this is your first time here?" Kayaknya karena passport gua udah banyak cap-cap dari negara lain. Mostly negara-negara ASEAN sih.

"Iya" Jawab gua karena mulai grogi. Gawat kalo ditanyain macem-macem nih.

Jreb-jreb-jreb-stamp-lihat kamera-klik-serahin passport.

"Welcome then" Katanya sambil senyum.

"Thank You!" Wow, cepet banget! Kirain bakal gimanaa gitu. udah pake was-was aja. Padahal yang harusnya was-was malah di Singapur ya, karena banyak cerita yang ga enak di situ. Kenapa gua malah was-wasnya pas di Malaysia... Ah, yang penting, welcome to Johor!

Tips

3. Singapore Johor Bahru Express (SJE) by Malaysia

Operation Time
From 5.30 to 23.30
You can also choose train as alternative. Please keep in mind, visa and bus ticket always ready at immigration, and bring your luggage, as you have to change bus after checkpoint.

(atas) Selepas dari custom di JB
(bawah) JB Central

JB Central

Sekeluarnya area imigrasi, gua cari money changer dulu. Tuker rupiah seadanya biar bisa beli tiket dan makan dan hedon. Terus jalan ngikutin arah mata angin papan informasi ke arah stasiun kereta. Gua rencananya di JB buat transit doank, sekalian lihat-lihat ada apa di kota ini. Not much to see sih, di sekitaran JB Central. Banyakan juga pada pergi ke Legoland. Dan gua baru tau belakangan, damn. Tau gitu, rencanain berangkat lebih pagi, biar sempet ke Legoland dulu.

Penampakan JB Central yang sudah terintegrasi dengan beberapa bangunan mall & imigrasi di sekitarnya

Dengan tujuan utama ke KL, bisa naik kereta maupun naik bus. Gua pilih naik kereta malam, biar bisa tidur dan hemat biaya penginapan. Semalam udah nyari info di internet, bisa beli di JB Central, ada sleeper train gitu. Sebenarnya bisa beli online, tapi karena ga punya CC, walhasil kudu beli on spot. Semoga dapat dan masih ada bed kosongnya.

Menuju ke arah stasiun, ngelewatin jembatan gitu. Dari atas jembatan, kelihatan banyak bus-bus lagi parkir. Di sini, terminal bus dan stasiun kereta - dan juga mall plus Imigrasi, semua terintegrasi. Area imigrasi
Sultan Iskandar Complex Custom, terdapat jembatan yang langsung terhubung dengan JB Central, yang mana stasiun kereta dan terminal bus berada dalam satu area. Lalu dari JB Central, ada jembatan penghubungnya lagi ke supermall Johor Bahru City Center, Komtar JBCC dan Metrojaya. Keren abis. Di kampung gua belum ada nih super blok kayak gini, di mana semuanya terintegrasi.

Sampai di area stasiun, mirip-mirip lah ama stasiun lainnya. Banyak yang counter makanan dan warung-warung jualan barang KW. Gua langsung mampir ke ticket counter, mesen night train, pilih yang sleeper train. Dapatnya kereta jam 23.25 malem, seharga MYR 39 untuk sleeper bed di atas. Kalau sleeper bed di bawah lebih mahal dan udah habis. Yasud.

Tips
JB to KL by train

Info terbaru, sudah tidak ada kereta langsung. Harus transit di stasiun Gemas dan ganti kereta dengan ETS (Electric Train System)
KTM dari JB - Gemas MYR 21(adult), MYR 15 (children)
ETS dari Gemas - KL Central MYR 31, MYR 20 (children)

TIPS TERBARU, biar lebih murah, dari KL sentral naik Commuter ke Tampin station, skitar RM13.70. Dari Tampin naik shuttle train ke JB skitar RM 17. MUCH CHEAPER, right?

P.S. Shuttle train Tampin-JB Sentral cm ada 2 per hair, jam 4.30 (subuh) dan 15.50. Arah baliknya cuma jam 10.00 dan 22.50.

What to do in JB?

Malam masih lama, dan waktu masih sore, jadi gua jalan ke area JBCC, mall super gede yang terintegrasi dengan JB Central. Isinya sih, sama aja ama mall-mall lainnya. Jadi gua keluar area mall ini, menelusuri jalan Wong Ah Fook. Gua tiba di jalan yang lebih kecil, di kiri-kanannya banyak warung-warung lokal. Setelah galau mau makan apa, akhirnya gua mampir ke warung India. Mesen roti canai dan teh tarik.

ASEAN, Asia, Backpacking, Backpacking murah, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, Flashpacking murah, Indochina, itinerary, jalan-jalan, jalan-jalan murah, johor bahru, Malaysia, Travelling, Travelling Murah, JB Central, JBCC, JB City Center, KTM, ETS, Singapura, Singapore, Singapore to Johor, roti canai, teh tarik
Roti canai kari plus teh tarik

Ngobrol-ngobrol ama penjualnya, taunya beberapa orang Indonesia juga! Mbanya yang jadi kasir orang Sumatra Barat, dan mas-mas yang goreng roti canai nya orang Aceh. Yawes, ngobrol lah kita. Rasa makanan mah, standar lah ya, dengan harga masuk akal juga. Selepas makan, gua kelilingin lagi area situ. Dari Jalan Station (yep, namanya begitu), jalan Meldrum, jalan Siu Chin dan jalan Siu Nam, di kiri-kanan jalan banyak warung-warung dan diselingi dengan area perkantoran. Pilihan makanannya dari makanan India dan Arab yang dijamin halal, makanan melayu, hingga makanan China yang kudu nanya dulu berbabi apa ga.

Pasar malam di sekitaran Jalan Meldrum

Fresh seafood. Perhatiin ikan parinya, kayak senyum gitu XD

Di antara jalan Meldrum, Siu Chin hingga Siu Nam, ada gang-gang kecil, yang cukup dilalui satu mobil. Sore menjelang malam, mulai banyak tu pedagang kaki lima nyiapin lapaknya. Rata-rata mereka jualan seafood, tapi banyak juga yang jualan lain-lain, dari Chinese food sampe masakan lokal. Yang jualan makanan halal dan ga udah nyampur di area sini, so lihat aja kalau yang jualan berjilbab, kemungkinan besar halal.

Sightseeing sekitar Wong Ah Fook

(kanan) Spot-spot menarik di JB (kiri) perhatiin nama jalannya, Jalan Trus ama Jalan Nge Heng XD

Malam tiba, gua mampir di salah satu warung di area Wong Ah Fook. Mesen mie goreng dan teh tarik lagi. Sempet masuk ke area mall, lalu balik ke JB Central. Tips kalau lagi menunggu di terminal (bahkan bandara), kalau tempat duduknya lagi penuh, cari musholla. Dijamin sepi, apalagi kalau udah lepas jam sholat. Bisa sambil tiduran.

Mee Goreng di warung pinggir jalan. Pada nonton layar tancap tuh.

JB Central at night

What & Where to wait at JBC? (kiri atas) disediain tempat duduk
(kanan atas) bisa duduk deket jendela, atau di warung-warung yang udah tutup, (kiri tengah) musholla, tempat terbaik dan sepi buat nunggu,  (kanan tengah) di jalur bus, depan JB Central bisa nunggu juga. Tapi jangan kayak orang itu yah, ampe stress gitu gesturnya XD (bawah kiri) Ternyata ada penyewaan loker! (bawah kanan) sembari nunggu, ngesketsa dulu doong

JB - KL Sleeper Train

Kereta gua akhirnya datang. Siapin barang-barang, jalan ke peron, tunjukin tiket, lalu masuk ke dalam kereta. Di dalam gerbong kereta, di kiri-kanannya terdapat sleeper bed susun dua. Masing-masing bed tersedia tirai buat privasi, juga ada jendela kecil di samping bed, buat ngintip lihat pemandangan sepanjang perjalanan. Jendelanya juga dipasangin tirai.

(atas) Penampakan gerbong kereta untuk sleeper train
(bawah) suasana bed yang gua pakai

Karena bed gua di bagian atas, barang-barang gua taruh aja tuh di atas, di bagian kaki. Sepatu taruh di sisi jendela, karena emang ada bagian yang menjorok ke luar. Ga berapa lama, kereta jalan. Gua nungguin sampe tiket kereta di periksa, baru gua ngorok tidur pulas.

Sekitar pukul 6.50, kereta tiba di KL Central. Morning KL!

Petualangan gua di KL bersambung di sini.

1. Ganti url blogspot anda dengan domain .COM cuma 179.000 untuk 2 thn termurah se-Indonesia hub ricki@exabytes.com

2. Replies
    1. pertama kali ke spore tuh pertengahan 2015

2. Kalau beli sleeper trainnya dari JB ke KL, bisa on the spot yah? Weekdays sih rencana nya. Kira2 mending onthe spot apa booking yah?

3. Bisa on the spot. Tapi update terbaru, sekarang udah ga ada kereta yang langsung ke KL Central. Kudu transit di Gemas.

3. Kalau naik sleeper train untuk anak-anak (bayar), dapat bed sendiri atau ngga?
    Terimakasih sebelumnya

1. Haloo, sorry slow respon. Untuk anak2 bayar stgh harga, dapat bed sendiri.

4. Kak mohon infonya,
    kalau dr kl ke jb naiknya dr kl central ke gemas lalu gemas jb ? (bukan begitu) lalu train yg dr kl central ke gemas n gemas k jb masih ada sleeper train nda ya
    InsyaAllah mau brkt tgl 21 Feb dg 2 Anak 7Thn & 6 Thn, rencananya mau coba sleeper train, Aman nda bawa anak2 n Luggage.
    Many Thank 4 The Info

1. Kalau dari KL ke JB, naik MRT dari KL Sentral ke Bandar Tasik. Nah dari stasiun Bandar Tasik tinggal nyebrang ke terminal Bersepadu Selatan, nyebrangnya bukan dijalan raya, tp di indoor, ikutin aja petunjuk arah. Terminal Bersepadu itu besar sekali, mirip Airport. Cari Bus yg ke arah Johor, itu banyak pilihan, ada bus biasa dan ada yg bertingkat. Kebanyakan sih bus bertingkat. Bus nya sangat nyaman. Itu langsung ke Johor. Dari terminal Johor, naik bus lagi ke JB Sentral. Ada yg langsung ke Singapore kog. Semuaa pasti melewati JB Sentral, karena JB sentral itu adalah pintu Imigrasi.

2. Itu kalau naik Bus y kak,
      Kalau kita mau naik train dr KL ke JB
      bagaimana rutenya ?
      Pls advicenya kalau utk anak2 lbh save buy train or by Bus
      Terimakasih

3. Hi, sorry bgt nih lg slow respon, sibuk euy. Kalau naik kereta, dari KL Central ke JB Central tetap harus transit di Gemas Station. Kalau bareng anak2, mending naik bus karena langsung, ga perlu transit2 segala.

5. Kalau Train sekarang tidak beroperasi. Dulu memang ada train ke SG, sleeper train juga ada. Tapi sejak tahun berapa gitu udah gak beroperasi.

1. iya, udah gada direct train dari KL ke JB, dan udah gada sleeper train juga. Sayang bgt yaa...

6. Mau tanya kalo dr singapore ke kl naik bus itu transit ya ga sekali naik bus aja?

1. Paling transit di woodland/Johor Bahru bwt imigrasi. Sekarang udah ada bus yang langsung, sekitar 5 jam perjalanan.

7. Ada yg sekali naik langsung KL tp harga nya cukup mahal sekitar $35 atau Rp 350rb. Kalau transit di Johor jauh selisihnya, RM35 atau sekitar 100rb.

8. Hallo, mau nanya, kalau Perjalanan dari singapore-JB Central totalnya brp lama ya? Terus Sleeper Train dari JB-KL Central apakah masih ada?
    Selain Sleeper Train apakah ada alternatif lain dengan Bis ga ke KL Central? Terima kasih

1. SG - JB sentral kalo perjalanan doang ga sampe 1 jam. Tp kadang lama di Imigrasi, kan hrs masuk ke Woodlands lalu nyambung ke JB sentral buat lapor.

Sleeper train udah ga ada.
      Naik bis banyak pilihan, dari terminal JB. Mau jam brp aja ada.

2. Thanks infonya. Btw, setelah imigrasi di woodland checkpoint kan keluar trus naik bis yg sama dgn yg kita naik sblumnya dri queen street, itu bayar lagi atau ga?
      Terus kalau naik bis ke KL berarti beli tiket lagi dari JB Sentral ke Larkin ya? Itu ada loket tiket ke Larkin ga? Terima kasih

3. Udah ga bayar. Yg penting naik bus yang sama aja.

Kalau ke KL dr JB Sentral, kudu transit di Stasiun Gemas. Kalau beli tiketnya bisa beli Online. Kalau on spot, kurang tau ya. Karena belum pernah coba lagi semenjak sistemnya dirubah. May be someday gw update.

9. malem bang.
    pgn tanya.
    kalau mau ke singapira via kereta dr malaysia, musti naek dr stasiun ap n transit dstasiun ap?
    terima kasih.

1. Singapore (woodland station) - JB Sentral. Dari JB Sentral bisa ke Gemas lalu lanjut ke KL Sentral atau JB Sentral ke Tampin - KL Sentral (yang ini lebih murah)

10. Ka mau tanya kalau sekarang efektif nya dari KL sentral ke singapur naik apa aja ya susunan nya? Dan berapa biayanya?terima kasih :)

11. halo, dari JB - KL ada tiket kereta yg lebih murah ga ya ?

1. Halo, barusan aku update infonya. Ini copy-paste di atas:

Info terbaru, dari KL sentral naik Komuter ke Tampin, skitar RM13.70. Dari Tampin naik shuttle train ke JB skitar RM 17. MUCH CHEAPER, right?

12. ka mau tny transportasi paling cepat dr singapore langsung ap ya. makasih ka.

1. Naik bus, sekitar 5,5 jam perjalanan (direct) harganya (start from) IDR 230k-250k. Transit di woodland/johorbahru buat imigrasi.
      Kalau kereta, lebih ribet. Kudu ke JB sentral dulu (naik kereta/bus dari Singapur) trus naik kereta transit di stasiun Gemas, trus lanjut ke KL Sentral.

13. ka mau tny transportasi paling cepat dr singapore langsung ke KL ap ya. makasih ka.

14. Mas. ..mau nanya.. Klo dari singapur ke KL bagus nya naik apa, biaya yg murah dan jarak tempuh dari singapur ke kl itu brp jam mas.. ?
    Makasi mas sbelum nya..
    🙏🙏

Kalau kereta, lebih ribet. Udah ga ada yang langsung. Kudu ke JB sentral dulu (naik kereta/bus dari Singapur) trus naik kereta transit di stasiun Gemas, trus lanjut ke KL Sentral.

15. Masbro bertopeng yang ganteng ...klo hari minggu dari sing mau ke jb ada busnya kah ? Soalnya saya coba booking tiket online ga bisa (rencana 2september dari sin mau ke kl) Makasih

1. Bus ada tiap hari. Untuk beli tiketnya, gw waktu itu on spot koq.

16. Gan, ini pertama kali ke Singapore dan Malaysia? Saya belum pernah ke Malaysia + Singapore, tapi ada rencana untuk itu bulan depan. Rencana saya hampir sama kyk ente bro, terbang mendarat di Changi trs dari Singapore naik bus ke Johor.
    Di imigrasi ke dua negara nggak ada masalahkah buat masuknya, buat first-timer?

1. Ga ada masalah si, tapi pengalaman di imigrasi tiap orang berbeda-beda. Kebetulan waktu itu lg sepi turis, jadi lancar ngantrinya.

17. malam, mau tanya klo dari Singapore ke Thailand (Bangkok) via darat ada info ga? MakaMaka

1. Ada, tapi ribet pakek banget dan lama! Dari spore ke JB dulu. Bisa naik bus, ato naik kereta. Dari JB lanjut ke KL naik kereta, tapi sekarang kudu transit di stasiun Gemas (udah ga ada lagi kereta direct). Dari KL lanjut ke Padang Besar (perbatasan Malaysia-Thailand). Trus trakhir, dari Padang Besar udah bisa lanjut ke Bangkok naik kereta direct. Total biaya dan lama perjalanan, nanti yah, di update di blog.

18. Mas Gauteng Bertopeng..
    Update info lg please harga tiket terbaru Kl-singpore via darat + KL- Bangkok ..
    Rencan bln 11 2019 ini mau adventure lintas negara ni ala backpacker...
    Ditunggu blsanya ya mas..
    Thx b⁴🙏🙏😊

1. holaa... Nanti yah, diupdate di blog. Tapi kalo mo dapat kisi-kisinya, message me di IG @ranselbertopeng yaa...

2. Siap deh.. Udh sy dm di ig ya bro

19. Hai kak bagusan dari Singapore ke johorbahru main di Legoland then ke KL atao apa Singapore langsung ke KL terus baru balik ke Johor baru Lego land baru balik
    ke Singapore

1. Hai hai, sorry lagi slow response. Kalo mau cepat, DM di IG @ranselbertopeng aja yaa... Btw, klo mau ngatur jadwalnya, udah tau balik ke Indonesianya dari mana? KL atau Spore? biar ga bolak balik aja. Soalnya dr Johor ke KL lumayan, bisa sampe 8 jam perjalanan.