Mengurus Visa Turis ke Taiwan Super Mudah

Akhir bulan kemarin (April 2017) gua apply visa turis untuk ke Taiwan. Bukan buat gua sih, tapi buat enyak gua. Rencana akhir Mei nanti mau ke Taiwan untuk liburan. Mumpung ada kakak gua di sana, lagi belajar bahasa selama setahun. Guanya sih, ga ikutan karena lagi nabung buat backpacking September nanti. Dan karena enyak gua di kampung beda pulau, dan gua tinggal di Jakarta, makanya gua yang ngurusin. Daripada ngeluarin duit untuk agen sebesar 800 ribu.

Awalnya gua pikir bakal ribet. Soalnya lihat di websitenya, jenis-jenis visanya ada banyak banget, dari visa turis, belajar, kunjungan keluarga dsb. Total ada 13 jenis visa deh. Lalu ada lagi info, bisa daftar online. Ternyata, setelah gua runutin, mudah banget! Dan cepat, ga pake ngantri, ga pake calo, jadi dalam 3 hari kerja saja! 

Begini caranya. Pertama, pastikan dulu visa yang mau kalian pakai. Karena ada kakak di sana, sebenarnya bisa pakai Visa Kunjungan Keluarga. Tapi ribet, harus pakai surat undangan dari pihak keluarga di sana. Kakak gua males bikinnya, alhasil apply untuk Visa Turis saja. 


Nah, kalau kalian masih punya visa Schengen, US/Amerika, UK/Inggris, Kanada, Australia, Jepang dan New Zealand yang masih berlaku, kalian tinggal apply secara on line. Cukup membuat Visa Excempt Entry di sini. Tinggal isi data kurang lebih 10 menit, lalu cetak (sebaiknya dicetak di kertas HVS tebal di atas 80 gram dan berwarna). 

Tapi jangan buru-buru membuat Visa Exempt Entry-online tersebut karena pembuatannya maksimal H-30 sebelum keberangkatan. Kenapa harus H-30? Karena di visa tersebut akan ditulis tanggal masuk ke Taiwan antara tanggal pembuatan visa sampai 30 hari ke depan. Sedangkan tanggal ke luar dari Taiwan (tidak dicantumkan) adalah 30 hari dari tanggal masuk (dihitung keesokan harinya).

Begitu sampai di Taiwan, kita tinggal menunjukkan visa online yang HARUS sudah dicetak dan visa Schengen/USA/Inggris/Kanada/Australia/Jepang/New Zealand yang masih berlaku yang memang sudah menempel di paspor kita. Infonya sih, begitu. Tapi yang perlu diingat, Visa jenis ini cuma boleh masuk dari Taoyuan International Airport, Kaohsiung International Airport, Keelung Harbor, Hualien Harbor, Taichung Harbor dan Kaohsiung Harbor. 

Nah, untuk yang gak punya visa-visa di atas, dan mau apply Visa Turis ke Taiwan, begini persyaratannya (copas dari websitenya)

PERSYARATAN UNTUK VISA KUNJUNGAN WISATA 


1. HARUS MELALUI WEBSITE: https://visawebapp.boca.gov.tw UNTUK MENGISI APLIKASI PERMOHONAN VISA, KEMUDIAN APLIKASI PERMOHONAN TERSEBUT DI PRINT DENGAN LASERJET DAN DITANDATANGANI LANGSUNG OLEH YANG BERSANGKUTAN

2. MELAMPIRKAN 2 LEMBAR PASFOTO 6 BULAN TERAKHIR, UKURAN 4CM X 6CM (BERWARNA DAN BACKGROUND PUTIH) 


3. MASA BERLAKU PASPOR MINIMAL 6 BULAN (UNTUK SINGLE ENTRY), MINIMAL 12 BULAN (UNTUK MULTIPLE ENTRY)+FOTOKOPI PASPOR. 


4. SURAT KETERANGAN KERJA DARI KANTOR ATAU SEKOLAH BAGI PELAJAR (ASLI DAN DIATAS KOP SURAT RESMI ) 


5. FOTOKOPI REKENING TABUNGAN 3 BULAN TERAKHIR. 


6. FOTOKOPI KARTU KELUARGA. 


7. BIAYA VISA RP.650.000,- (SINGLE ENTRY), Rp.1.300.000,- (MULTIPLE ENTRY) 



Gua mau terangin satu-satu. 

1. Isi applikasi permohonan visa secara online dulu di websitenya. Isi yang jujur, dan sesuai dengan data-data di passport yah. Nanti akan ditanya alamat dan nomor telepon tempat tinggal nanti di Taiwan, serta hubungannya dengan calon pendaftar. Gua sih, isi aja alamat kakak gua, dan tulis hubungannya daughter (karena pemohon adalah enyak gua). Awalnya gua ragu, karena apply Visa Turis, bukan Visa Kunjungan Keluarga. Taunya aman-aman aja tuh.

2 dan 3 udah jelas lah ya...

4. Surat keterangan kerja, minta ke kantor kalian. Kalo ga, bikin aja sendiri, yang penting memakai kop surat kantor dan stempel, serta tandatangan bos. Buat enyak gua, pakai CV nya bokap. Contoh surat keterangan kerjanya bisa dilihat di sini

5. Minta rekening koran untuk tabungan 3 bulan terakhir. Saldo terakhir enyak gua sih, 7 jutaan doank. Aman tuh. 

6 cukup jelas

7 cukup jelas, tapi bawa cash yaa.


Nah, setelah dokumen-dokumennya lengkap, tinggal datang ke kantor TETO di seberang Pacific Place, SCBD. Gedung Artha Graha lantai 12. Untuk apply dari jam 8.30~11.30, dan untuk ambil dari 13.30~15.30. Waktu itu gua datang jam 10-an. Tiba di kantor permohonan visa TETO, dokumen di cek dulu ama petugasnya. Setelah dinyatakan lengkap, diberi nomor antrian. 

Waktu itu lumayan rame yang ngantri. Tapi yang rame tuh untuk Visa TKI. Untuk Visa Turis sendiri cepat banget. Gua nunggu ga sampe 5 menit, ngasi dokumen-dokumen, lalu diberi kuitansi untuk pembayaran. Setelah bayar di loket lain, kuitansi tadi diserahkan lagi ke petugas tadi, lalu ditukar dengan bukti pengambilan Visa. 

Gua apply hari Kamis, dan Senin minggu depannya tanggal merah. Jadi dapat jadwal pengambilan Visanya hari Selasa. Pas ngambil juga cepat banget. Antrian ga banyak, langsung nyerahin bukti tadi ke petugas di loket, udah. Passport nyokap udah diberi Visa Turis ke Taiwan. Yay!!! Total dari masuk gedung, naik ke kantor TETO, ambil Visa lalu keluar gedung lagi, ga nyampe 10 menit loh!


Backpacking, Backpacking murah, Budget Travelling, Flashpacking, Flashpacking murah, jalan-jalan, taiwan, teto, Travelling, Travelling Murah, visa, visa Taiwan,
Suasana antrian ketika apply visa di TETO. Meski yang ngantri banyak (foto bawah), kebanyakan antri untuk Visa TKI. Sementara Visa Umum (foto atas) ga ada antrian tuh.


PERLU ITINERARY dan TIKET PESAWAT GA? Jawabnya ga. Pokoknya selain dokumen-dokumen yang diminta tadi, sisanya ga perlu. Enyak gua sampe detik ini belum beli tiket tuh. Apalagi bikin itinerary. Gak pake wawancara juga. Cepet kan? 

Semoga berguna, and enjoy your trip, Mate :)



Comments

  1. Hai gan ransel bertopeng thanks infonya, mau nanya boleh kaaan. Waktu itu apply nya berapa hari sebelum berangkat gan? Kalo mau apply 2 minggu sebelumnya oke oke aja ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba, sorry slow respon nih, lg sibuk akhir2 ini. Kalo 2 minggu sebelumnya aman2 aja sih. Pokoknya sejak masukin berkas ke TETO, paling cuma makan 2-3 hari kerja.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalau yg masih mahasiswa apa perlu surat pernyataan dari org tua?(surat sponsor)atau cukup surat keterangan dari kampus tempat sekolah( adikku kuliah di univ.katolik atamajaya ,tetangggam ma Teto sih) dia tahun ini pengin liburan natal ke taipei

      Delete
    4. Kalau mau aman, buat dua-duanya aja mba. Aku juga ga begitu paham. Mungkin bisa di cek langsung ke website nya TETO?

      Delete
  2. Hari ini, tanggal 10-10, pagi pagi ke TETO, mengarungi penyempitan-penyempitan jalan gatsu itu, nyampe di Artha si ibu satpam bahwa bilang... "Kantor Teto tutup bu. Hari ini hari besar Taiwan" yaaah hari besar apa si :(
    Semoga masih keburu besok submit, tinggal 2 minggu lagi mau jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. double tenth day. Hari bersejarahnya Cina dan Taiwan mba. Berdirinya RRC di hari ini, tp dirayain juga di Taiwan. Besok mungkin udah buka.

      Delete
  3. Terimakasih mas utk infonya. Tp saya masih ada rasa insecure karena masalah bukti rekening koran 3 bulan terakhir.
    Rencananya saya mo berangkat k taiwan pertengahan januari 2018. Tp ada syarat bukti rekening koran 3 bulan terakhir. Saya kan mahasiswa jd pasti rekening bank pribadi sering seret.

    Mas tau gak kalo pake punya orang tua boleh gak ya tuh?

    Terimakasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, klo itu, jujur saya kurang ngerti mba. Maaf yaa, ga bisa ngasi info lebih :_I

      Delete
  4. Terimakasih utk infonya. Saya masih pelajar SMA, tapi utk mengurus visanya perlu bukti rekening bank. Itu bagaimana ya solusinya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Itu, saya kurang mengerti juga. Tapi mungkin bisa pakai surat keterangan dari Ortu/wali/yang ngebiayain. Dan surat keterangan masih sekolah dari SMAnya. Lengakpya cek di sini yaa... http://www.roc-taiwan.org/uploads/sites/60/2016/05/20160714_02_Visa_Wisata_Tourist.pdf

      Delete
  5. Nah kalo saya gak kerja ,Krn sudah resign..gimana tuh...kan gak ada surat dr PT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... klo resign saya kurang ngerti deh. Kalo baca2 dari blog dan grup travelling, ada yg langsung bilang pekerjaannya pengangguran, krn emang lg nganggur, dan tujuannya mau jalan2. Asal nunjukin rekening koran ga masalah. Dan di passport sebaiknya udah banyak stempel/visa dari negara lain jg, biar membantu.

      Delete
  6. Nah kalo saya gak kerja ,Krn sudah resign..gimana tuh...kan gak ada surat dr PT

    ReplyDelete
  7. Nama saya RONI DILLA, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik, Ibu MARIA PEDRO.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Madam MARIA PEDRO via EMAIL: [mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com]
    Yono via dia EMAIL: YONOSURI702@GMAIL.COM
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: ronidilla5@gmail.com
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri
    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  8. Hai ransel bertopeng, mau nanya. Untuk surat keterangan bekerjanya bisa dengan berbahasa indonesia / harus inggris?

    ReplyDelete
  9. BERITA BAIK!!!

    Nama saya Ratih Wahyu, saya ingin berkongsi kesaksian saya di sini di platform ini untuk semua rakyat Indonesia dan seluruh Asia berhati-hati dengan peminjam internet, Tuhan telah menyokong saya melalui Puan Kathleen Brian yang baik ibu.

    Selepas beberapa tempoh cuba mendapatkan pinjaman daripada institusi kewangan, dan enggan meneruskan, jadi saya memutuskan untuk mendaftar pinjaman dalam talian tetapi saya tertipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeza.

    Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya bercakap dengan rakan saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Mrs Kathleen, yang merupakan pemilik syarikat pinjaman global. Rakan saya meminta saya memohon dari Puan Kathleen, jadi saya mengumpul keberanian dan menghubunginya.

    Saya memohon pinjaman sebanyak Rp500, 000,000 dengan kadar faedah 2%, jadi pinjaman itu mudah disepakati tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan atas pemindahan kredit, karena fakta bahwa ia tidak memerlukan cagaran dan jaminan untuk mentransfer pinjaman Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sijil lesen permohonan mereka untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari dua jam wang pinjaman telah dimasukkan ke dalam akaun bank saya.

    Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya dikreditkan dengan jumlah wang tunai Rp500.000.000. Saya sangat gembira bahawa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memerintahkan pinjaman saya dengan pinjaman asal saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Mereka juga mempunyai satu pasukan pakar yang akan menasihatkan anda mengenai jenis perniagaan yang anda ingin melabur dan bagaimana untuk melabur wang anda, jadi anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup anda.

    Semoga Tuhan memberkati ibu Kathleen untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menasihati sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Kathleen melalui e-mel: kathleenloancompany1@gmail.com untuk pinjaman anda.

    Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: ratihwahy@gmail.com dan Kezia yang memperkenalkan dan memberitahu saya tentang Puan Kathleen juga mendapat pinjaman baru dari syarikat itu. Anda boleh menghubungi Kezia melalui e-melnya: keziaarjuna@gmail.com.

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda semua untuk meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda.

    ReplyDelete
  10. Selamat siang boleh nanya gk skrng visa turis ke Taiwan msh buka dan gmn cara daftar nya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo