Jalan-jalan ke San Marino - negara NYEMPIL di Italia


Hi. Irasshaimasee


Kali ini gw bakal ngasi kalian info mengenai salah satu negara di list nyempil gw, tapi… Yang udah gw kunjungin! Jadi kali ini foto2nya beneran dari gw, ga perlu jalan2 pake gugel map.


Waktu itu, gw semi backpacking ke eropa barat. Biasa lah, me being me, itinerery suka ga disiapin. Biasanya klo dah sampe di suatu tujuan, impulsif aja mau ke mana-mananya. 


Nah, pokoknya gw mutusin mau ke Itali waktu itu. Tapi kota mananya? Kebetulan ada satu temen gw lagi summer job di Itali, di kota kecil bernama Rimini. Suruh gw ke sana aja. Awalnya gw males. Tapi pas ngezoom kota Rimini...


Jeng jeeeeng


Koq ada satu negara nyempil di sini. Dan namanya sangat ga familiar: SAN MARINO! Jadi gw gugel dah. Koq kayaknya seru. Dan Jadilah gw berangkat ke sana. 


--------


Prima Torre, dilihat dari jalur ke Seconda Torre
Prima Torre, dilihat dari jalur ke Seconda Torre


Rimini - San Marino Map
San Marino Map


Sebelum ke bagian jalan-jalannya, berikut general knowledge tentang San Marino


Nah, San Marino, atau officialnya Republic of San Marino  atau Italian: Repubblica di San Marino atau Romagnol: Ripóbblica d' San Marein juga dikenal sebagai the Most Serene Republic of San Marino. Termasuk negara terkecil ke 5 di dunia, terkecil ke-3 di Eropa (Setelah Vatican dan Monaco)! Luas areanya hanya 61km2/24mi2 


Jakarta aja lebih luas! dan ga punya wilayah lautan cuy!


San Marino vs Jakarta
San Marino (biru) vs Jakarta. Kira0kira luasnya San Marino segede Jakpus aja kali ya.

 


Lokasinya nyempil alias true enclave di tengah negara Italia. Oke, apa itu enclave? Kira-kira begini. Satu wilayah negara yang sepenuhnya dikelilingi oleh negara lain. 


San Marino merupakan satu dari 3 negara official di dunia yang lokasinya true enclave terhadap negara lain. Dua di antaranya di dalam Italia! Italia emang unik dah!

-Vatikan di enclave oleh kota ROMA

-San Marino

-Leshoto (enclaved by South Africa)


Lokasinya yang true enclave, jadi batas wilayahnya cuma: ITALIA. Done. 


Terletak di salah satu northern apeninnes mountain range di Italia, dengan puncak tertinggi di Monte Titano alias gunung Titan, dengan tinggi 739m yang lokasinya di tengah negara San Marino. (merapi 2930m) menjadikan gunung ini sebagai titik tertinggi di negara ini. Titik terendahnya berada di ketinggian 55m, yaitu Ausa River.


Tetap tinggi nih, karena keseluruhan areanya berada di pegunungan.


Gunung Titan mempunyai 3 puncak, dan di masing2 puncak berdiri satu tower (poster the two tower plus satu) sejak abad ke 4, Guaiata, Cesta dan Montale menjadikan area ini sebagai UNESCO WORLD HERITAGE di tahun 2008. Dan lokasi ini menjadi pusat turis di negara ini! 


San Marino 3 towers
3 tower San Marino yang mejadi icon negara ini, yang udah berdiri sejak abad ke-4!



Makanya coat of armsnya tiga tower seperti ini!


San Marino coat of Arms (dengann 3 tower)


Negaranya republik berdasarkan konstitusi yang dimulai di tahun 1600 dan merupakan sistem konstitusi tertua. Mempunyai sistem multi partai. Anggota parlemen yang terpilih melalui pemilu akan menunjuk 2 captain regents sebagai kepala negara di mana keduanya mempunyai equal power. Selama 6 bulan doang tapi. Sistem dua kapten ini pertama kali berlaku di tahun 1243 dan masih digunakan ampe sekarang. Kita pemilu tiap 5tahun, mereka nunjuk pemimipin setaun dua kali. 


Salah satu negara terkaya di DUNIA berdasarkab GDP per capita. One of Lowest unemployement rate di Eropa, no National Debt dan budgetnya surplus!


GDP per capita 2019 (US$) San Marino ± 48.948 (ini udah menurun dibanding 2008 sekitar $78.643). Buat pembanding aja, GDP Germany ± 46.259 dan GDP Italy ± 33.190. Bagaimana dengan Indonesia? GDP Indonesia ± US$ 4.200. Jauh banget ga sii 😅


Negara ini Ekonominya berbasis finance, industri, servis dan tourism. 

Tourismnya menyumbang 22% pendapatan negara. Mereka jualan coin, kartu pos dan perangko khusus kolektor! Bahkan mereka bergabung debngan OECD untuk memerangi Tax Evasion!


Dan mereka dapat subsidi dari pemerintah Italy! 


Itu karena Mereka punya perjanjian dengan Italy, di mana Italy memonopoli produksi tobacco, dan beberapa produk lainnya, direct import ga boleh, harus melalui Italy. Maka sebagai gantinya, mereka dapat subsidi dari pemerintah Italy!


____



San Marino memegang rekor sebagai negara dengan kepemilikan mobil terbesar di dunia, di mana jumlah kendaraan lebih banyak daripada jumlah penduduknya.


Penduduk San Marino disebut Sammarinese, dengan Populasi hanya 33,500-an! dengan 97,2% beragama Katolik Roma, karena lokasinya yang dulu merupakan biara


Sammarinese juga merupakan bahasa oral non-official di San Marino, yang merupakan variasi dialek Romagnol, di mana Romagnol sendiri merupakan dialek bahasa Italia. Bahasa Unofficial lainnya, Russia dan Inggris. Bahasa Officialnya mah Italy. 


Mata Uangnya Euro, meski bukan part of Europe Union.


Provinsi di San Marino
Provinsi di San Marino. Bentuknya mirip Kalimantan yaa...



______

SEJARAHNYA



Nama San Marino ini bukan Santai di lautan ya, tapi berdasarkan dari nama seorang Santo di abad ke 3, yaitu Saint Marinus.  Marinus sendiri berarti lautan karena beliau berasal dari seberang lautan, yaitu pulau Arba, sekarang Rab, bagian dari Kroasia).


Beliau seorang Stonemason (bukan freemason), nyeberang lautan ke Rimini karena melarikan diri dari kekaisaran Roma di tahun 297M, karena saat itu ga boleh nyebarin ajaran kresten. Sampai di Rimini, beliau mengasingkan diri ke Monte Titano, mendirikan biara dan hidup sebagai petapa di sana. Reputasi beliau menyebar di wilayah sekitar, sehingga dihuni oleh  pengungsi kristen yang melarikan diri dari Kekaisaran Roma. Nah, seorang bangsawan, a lady of Rimini memberikan gunung tersebut ke beliau. 


Gokil, punya gunung, men!


Marinus dikanonisasi sebagai seorang Santo. Begitupun wilayah San Marino berkembang dengan pusatnya di biara tadi. Karena letaknya yang terpencil, negara ini selamat dari kekaisaran Roma. Semacam dicuekin gitu. Meski sempat masuk bagian dari Roma, tapi Secara official, San Marino menjadi sebuah negara pada 3 september 301M.


San Marino juga survive melewati berbagai fase di eropa; setelah Roman Empire, lalu Medieval kemudian Renaissance, lalu survive modern day wars, seperti Perang Napoleon, WWI, Fasist Italy & WWII karena bersikap netral. Mereka tahu kalau militernya ga cukup kuat untuk ikut perang, makanya mereka milih jalan diplomasi selama peperangan tersebut. 


Di WWII menjadi tempat pengungsian bagi 100k penduduk yang terkena dampak perang, termasuk kaum jewish yang kabur dari Nazi. Setelah WWII, San Marino menjadi negara pertama di Eropa Barat yang dikuasai oleh Komunis (Sammarinese Communist Party) melalui pemilu. Ini merupakan kali pertama di dunia, sebuah pemerintahan komunis yang terpilih berdasarkan pemilu yang demokratis. 


Sekarang mah, berdasarkan sistem double captain regents, di Oktober 2020 terpilih Alessandro Cardelli (Sammarinese Christian Democratic Party, dan kepala negara termuda under 30) serta Mirko Dolcini dari Domani Motus Liberi

_______


nah, sekarang bagian Jalan2!


Sebagai negara super tajir meski mini, kekuatan passport San Marino berada di ranking 19! dengan 168 visa free destinations, termasuk ke Indonesia!


Kekuatan passport San Marino (2020)
Kekuatan passport San Marino. Bandingin ama Indonesia yang ranking 71 dengan 71 visa free,

Visanya Cukup mudah! Pake visa Schengen! Maximal stay 10 hari dengan visa schengen. Lebih dari itu kudu minta ijin. Bisa dapat Visa stay permit atau residence permit dengan 3 sampai 12 bulan, untuk Tourism, bisnis atau family reunion. 


Kapan waktu terbaik ke sana? Summertime! May-Oct, krn suhunya sekitar 20°C dengan suhu tertinggi 30°C, bwt kita mah, adem.


Atau sekalian pas winter, dengan suhu 5°C-15°C, kota ini bakal romantis dengan tumpukan saljunya. 


P.S. Sekitar bulan2 april, bakal banyak pecinta F1 datang ke sini, karena F1 Grand Prix San Marino tapi diselenggarakan di kota Imola, Italy. 




How to get there?


San Marino ga punya Airport Internasional. Yang terdekat ada di Rimini. 

(Federico Fellini International Airport) yang sebagian besar melayani penerbangan Russia. 


Karena kota Rimini tuh semacam summer destination bwt orang2 Russia. Makanya bahasa Rusia jadi menjamur di pemilik toko dan resto di Rimini dan San Marino. 


Jadi intinya, kudu ke Rimini dulu guys biar gampang.


Waktu itu, gw naik bis ke sana (flixbus). Turun di Centro Studi ±1.5km dari pusat kota. Atau naik kereta sekalian. Lebih enak. Karena tinggal ngesot dari Stasiun ada bus stop ke San Marino. 


Di seberang Rimini Train Station, ada Burger King. Samping BK ada Tabaccheria, semacam Warung serba bisa yang jual tiket ke San Marino. Bisa juga si beli ama drivernya, tapi lu masuk belakangan jadi kemungkinan ga dapat seat.


Tabacceria in Rimini
Tabacceria di Rimini, jualan macam-macam. Termasuk tiket bus ke San Marino.

Bus Stop seberang Rimini Train Station
Bus Stop seberang Rimini Train Station. Yang ini dilaluin ama bus yang ke San Marino.

Bus Rimini ke San Marino
Bus Rimini ke San Marino


Tiket Bus Rimini - San Marino
Tiket Bus Rimini - San Marino. OneWay ticket is € 5,00, jadi PP € 10 (IDR 165K) (*anggap 1€ = IDR 16,5K)


jadwal bus Rimini-San Marino
(Jadwal Bus) Summer. *ada winter timetable juga, pastiin kalian cek! Yang pasti, busnya ada terus koq all year round, cm jam nya ada berbeda antara summer dan winter



Gw saranin beli tiket PP aja, biar ga ribet. Tiketnya bisa dipake kapan aja, jadi ga ada expirednya. Kalo kalian ga dapat seat, bisa nunggu bis selanjutnya, tapi lama lagii. Pastiin jadwal keberangkatan dan Itin kalian di sana yaa…


Di mulai dari kota Rimini, Italia. Di seberang Rimini train station ada bus stop menuju San Marino. Beli tiket di Tabaccheria, €10 PP. Lalu tunggu bus nya datang. 


Bonelli bus, Ber AC, nyaman, tapi duduknya siapa cepet dia dapat. Jaraknya cuma sekitar 23 kiloan, perjalanan sekitar sejam. Ambil yang deket jendela, soalnya selama perjalanan si, view nya bagus. Bwt gw yang orang kampung ini. Perjalanan kurang lebih sekitar sejam dengan jarak sekitar 23kiloan dan akan berhenti di beberapa bus stop. Bus akan berhenti di beberapa Bus Stop di Rimini maupun San Marino. 


___



Di Borgo Maggiore, San Marino, bus akan berhenti. DI dekat sini ada parking lot serta cable car yang disebut Funivia untuk naik ke atas. Ticket price dari €2,80 (IDR 46,2K) untuk adult dan free untuk children dan Dogs.


Borgo Maggiore, San Marino
Borgo Maggiore, San Marino. Ada Funivia (cable car) buat ke atas.


Dari situ, bus akan jalan naik ke atas, dengan jalanan berliku2 menuju Bus Stop terakhir di Piazzale Calcigni.


Bus stop di Piazzale Calcigni
Bus stop di Piazzale Calcigni



View dari Bus Stop.
View dari Bus Stop. Belum di puncaknya nih! 


Signage di kaki gunung Titano
Signage di kaki gunung Titano


Vibe Harry Potter
Vibe Harry Potter



And the fun begins!


Begitu turun bus aja udah kerasa banget vibe kastil tuanya. Dan yang lebih manteb, lokasinya di atas gunung!


Keliling Mount Titania bisa dengan Jalan kaki doang! Sekelilingnya kek masuk ke dalam cerita fairy tale; kastil jaman medieval, bangunan tua, dan museum2. Banyak museum aneh2 di sini! Kira-kira begini yang gw lihat selama keliling-keliling di sana:



Museo della Tortura

Sesuai namanya, isinya tentang alat2 penyiksaan dari jaman medieval.


Museo della Tortura entrance
Museo della Tortura entrance


Museo della Tortura
Museo della Tortura


Museo della Tortura
Kebayang kan, isinya kayak apa?



Chiesa di San Fransesco / Church of Saint Francis

Dibangun tahun 1361. Dulunya merupakan main entrance ke negara ini, sebelum wilayahnya ekspansi. 


Chiesa di San Fransesco / Church of Saint Francis
Chiesa di San Fransesco / Church of Saint Francis


Chiesa di San Fransesco / Church of Saint Francis
Chiesa di San Fransesco / Church of Saint Francis




Galleria Caffè

Sepanjang area ini penuh dengan cafe


Galleria Cafe
Galleria Cafe


Giordino dei Liburni

Karena lagi summer, liat warnanya yang biru jadi pengen nyemplung deh. Dibangun tahun 1962, merupakan pemberian pemerintahan Amerika ke masyarakat San Marino


Giordino dei Liburni
Giordino dei Liburni


Galleria Nazionale San Marino

Sesuai namanya, galeri nasional San Marino.


galeri nasional San Marino
Galeri nasional San Marino

Cava dei Balestrieri

(Quarry of Crossbowmen)

Area latihan dan turnamen untuk Crossbowmen. Yep, crossbow masih survive di San Marino dan menjadi ajang olahraga. Dilengkapi dengan amphitheatre untuk penonton. 


Event diadakan tiap tanggal 3 september. Peserta dan panitianya bakal pakaian ala2 abad 15, lengkap dengan panji2, drum dan sesi seremonialnya. 


Di belakang amphitheatre nya jg ada taman. Enak bet bwt ngadem!



Cava dei Balestrieri
Cava dei Balestrieri



Cava dei Balestrieri
Cava dei Balestrieri



Quarry of Crossbowmen
Quarry of Crossbowmen


Quarry of Crossbowmen
Quarry of Crossbowmen



Via Eugippo

Di ujung jalanan ini jadi semacam plaza dan taman yang menjorok ke luar. Lihat panoramic view dari sini cakep dah!



Via Eguippo
Via Eguippo

Via Eguippo
Via Eguippo

View dari Via Eguippo
View dari Via Eguippo



Funivia · Città (Libertà)

Nah, ini stasiun gondola tadi. Lokasinya deket dengan Cava dei Balestrieri dan Ujung Via Eugippo tadi.


Funivia · Città (Libertà)
Funivia · Città (Libertà)



View dari Funivia · Città (Libertà)
View dari Funivia · Città (Libertà) 


View dari Funivia · Città (Libertà)
View dari Funivia · Città (Libertà) 


View dari Funivia · Città (Libertà)
View dari Funivia · Città (Libertà) 




Basilicca di San Marino

Nama lainnya Basilica of the Saint, atau La Pieve yang literal meaningnya, the church. Bangunan utamanya berdiri pertama kali di abad ke 5, namun dirobohkan dan dibangun ulang di tahun 1820. 


Dibangun dengan gaya neo-classic, Gereja ini merupakan yang terpenting di San Marino, sebab menyimpan jenazah Santo Marinus. 


Basilicca di San Marino
Basilicca di San Marino



Museo delle Creature della Notte - Vampiri e Licantropi

Sesuai namanya, isinya tentang vampir dan lycanth atau werewolf


Museo Dei Vampiri e Licantropi
Museo Dei Vampiri e Licantropi



Guaita Rocca (Prima Torre)

Masuk ke main attraction negara ini; the three towers.

Dimulai dari Guaita Rocca yang dibangun di abad ke 10, tanpa fondasi! KArena langsung dibangun di atas bebatuan gunung! 


Prima Torre
Prima Torre


Guaiata Rocca (Prima Torre)
Guaiata Rocca (Prima Torre)


Guaiata Rocca (Prima Torre)
View dari Guaiata Rocca (Prima Torre)


Karena mempunyai double wall sebagai perlindungan ganda (kek iklan aja) tower ini sering dipakai untuk mengungsi di jaman peperangan dulu. Juga mempunyai penjara, yang terakhir dipakai  di tahun 1970-an.


Dari Prima Torre ini udah bisa liat ke Seconda Torre, yang cuma dipisahkan oleh semacam lebah ga dalam. Jalur ke sana cukup mudah, ikutin aja jalur kastilnya. 


Jalur ke Seconda Torre



Rocca Cesta (Seconda Torre)

Berdiri di titik tertinggi Monte Titano, dibangun di abad ke 13. Makanya dipakai sebagai watchtower. Panorama di sini yang paling juara sih. Kota Rimini dan Laut Adriatic nampak dari sini. Bisa lihat dua tower lainnya juga dari sini. 


Cesta berarti chest, atau peti harta karun, karena awalnya dibangun untuk menyimpan objek-objek keramat, serta mengamankan orang-orang penting. Sekarang isinya museum senjata dari jaman medieval. 



Rocca Cesta (Seconda Torre)
Rocca Cesta (Seconda Torre)


Rocca Cesta (Seconda Torre) dari dekat
Rocca Cesta (Seconda Torre) dari dekat




Nextnya, menuju tower selanjutnya, jalanannya mulai menyempit. 


Jalur ke tower ketiga
Jalur ke tower ketiga


Terza Torre dilihat dari jauh
Terza Torre dilihat dari jauh



Montale (Terza Torre)

Satu2nya tower yang ga bisa dimasukin, karena milik privat. Berdiri di puncak terendah dari tiga puncak Monte Titano, juga tower paling kecil dan pendek. 


Montale (terza torre)
Montale (terza torre)


Dari sini, bisa hiking turun ke bawah, tapi jalanannya berbatu dan di sepanjang jalan ditemani dengan pepohonan. Ikutin jalan aja. Viewnya bagus dan udaranya super segerrrr…


View dari Terza Torre
View dari Terza Torre


Jalur hiking ke bawah dari Terza Torre
Jalur hiking ke bawah dari Terza Torre



San Marino view
Nyampe juga di bawah lewatin plaza

San Marino view
Lewatin area residential dan cafe


San Marino view
Lalu nyampe ke area parkiran lagi. Cepet baget kelilingin gunung Titano!




____



What to do 


Museums LIST

Multiple Museum card €10.5 (IDR 173,250)

Masuk ke Towernya, single Tower €4.5 dan two tower €6.50. Tower ketiga ga tertutup untuk umum. 


(Foto informasi tiket)



Crossbow

Banyak toko jualan senjata. Dari pedang hingga BB guns. Dari senjata meideval hingga senjata anime. 

WOWW!!!

Beli senjata di sini kek macam beli gelato aja. Mudah. 


Lalu, kalian bisa beli dictator beer & wine; Minuman beralkohol dengan wajah2 diktator jaman dulu; Hitler, Stalin, Tito


Passport stamp dihargai €5. Karena di perbatasan ga perlu cek passport, jadi bagi turis yang mau dapetin stamp San Marino, kudu beli sebagai souvenir! Tenang aja, unlike Charlie Checkpoint di Berlin, stamp San Marino di passport ga akan menghilangkan validasi passport kalian.  


Stamp official San Marino
Stamp official San Marino, tapi kudu bayar! (Source: Wikipedia)

Alkohol dengan wajah-wajah pemimpin dunia pra WW2
Alkohol dengan wajah-wajah pemimpin dunia pra WW2 (Source: Wikipedia)



Bisa beli koin euro dengan pattern San Marino


1-2 jam doang cukup untuk keliling Monte Titano. Kalo masuk2 museumnya, siapin extra 2-3 jam. Tapi kalo mau explore se negara, perlu nginep biar puas.  Kalau mau nginap, dan dari yg gw baca2 si, pas malam hari malah bagus di sini. Suasana kota medieval yang sepi dan beraura mistis romantis. Asheek. Palagi pas musim salju. Bayangin maen ke Hogsemadenya Harry Potter.


Nah, kalo mo nginep, kudu itung2 budget nih; 

_____


Budget


Transport dalam kota San Marino

San Marino punya local bus system, dengan 8 rute yang menghubungkan area dalam negeri. San MArino saat ini ga punya Railway. Dulu sempet punya, tapi udah ga beroperasi. Sekarang cuma jadi tourist attraction.


San Marino Railway
Railway di San Marino yang sekarang cuma jadi pajangan buat turis (Source: Wikipedia)


Penginapan

Penginapan di San Marino kena extra charge 3%. Sementara di Rimini kena 0.70 per night per person. FYI, Harga-harga yang tertera di sini adalah harga Pandemi yaa...


That being said;


HOSTEL 

Hostel di San Marino cuma ada satu, sekitar 4 kilo dari monte titano kalo ditarik garis lurus, kalo ngikutin jalan mobil sekitar 13km karena jalanannya yang berliku. Budgetnya $20/malam (IDR 300K) , 8 bed dorm, include AC, free Wifi. Ada resto kebab di sini. (anggap $1=15K)


Kalo di Rimini, hostel juga cuma satu; SUNFLOWER Hostel. Ga sampai 1kilo dari pantai! Harga per malamnya waktu gw dapatnya €24.70 ($29 / IDR 435K) untuk 2 malam. Tapi FREE BREAKFAST! (BUANYAK!) Exclude tax. Kalo sekarang, cek di booking.com $24 per night. Mulai mahal!


Tapi bagi kalian yg demen party, Hostel ini punya pubnya sendiri dan  mengorganisir party tour night keliling Rimini tiap Rabu malam.


Sunflower hostel rimini
Sunflower hostel rimini, waktu itu untuk 2 malam, total 31 termasuk tax dkk.


HOTEL

Di San Marino rata2 $60-an/malam, di luar area monte Titano. Meanwhile di atas area Monte Titano, paling murah cuma satu, $69 (Hotel Joli), dan yang lainnya >$95-200 per malam, ada yg sampe $400an


Kalo di Rimini, hotel2nya lebih murah, di mulai dari $20, dan rata2nya $30 dengan lokasi2 yang dekat dengan pantai! Again, harga pandemi!


----------------


Kira-kira, begini ringkasan budget kalo mau jalan-jalan ke San Marino tuh begini:


Style Backpacking 

$17-30 for meal & sightseeing (IDR 255K - 450K)

Lodging $20/night (IDR 300K)


Style Business

$38-76 (IDR 570K - 1.140K)

Lodging $45-50 (IDR 675K - 750K)


Style Sultan

fine dining  >$250 per person 

Lodging tinggal pilih...


MAHAL? 

Pilih cara gw klo gitu;


Makan Beli BK paling murah sekitar €2 pas di Rimini

Nginep di Rimini sehari $13an 

Transport €10


Tapi MADESU!

_____


Oke, kira2 segitu aja dari gw. 


Dari museum2 dan lokasi2 yang gw share, baru sekitar 30% nya kali ya yg ada di San Marino. Gokil ga tuh.


Apakah gw mau travelling ke sana lagi? Kalo emang ada duit dan kesempatan, kenapa ga? 


P.S. Kalian kunjungin Rimini juga, selain kota summer berpantai dan romantis di malam hari, kota bersejarah ini menyimpan bekas arsitektur jaman kekaisaran Romawi




P.S.S. Dibuang sayang nih foto-fotonya!


San Marino view

San Marino view

San Marino view

San Marino Kursaal
Kursaal, semacam Hall buat acara penting

San Marino view
Kayaknya relic peninggalan komunis di San Marino








Terakhir,

Kalo ada yang salah info, ya monmaap. 

Selanjutnya, terserah kalian. 


Enjoy Travelling!


Comments

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat