Beli JR Pass, Yakin Udah Langsung Berhemat?

Japan Rail Pass, kartu ajaib untuk hop on-hop off di perusahaan transportasi yang tergabung dalam JR Group, termasuk kereta Shinkansen Jepang yang terkenal super cepat dan super mahal. Keterangan lengkap tentang JR Pass bisa dilihat di website resminya di sini. 

JR Pass memudahkan anda bisa naik turun kereta tanpa reservasi dan tanpa bayar lagi, JR Pass 7 hari biasanya paling cocok untuk turis, harganya ¥29.110 atau sekitar 3,5 juta rupiah menurut kurs saat ini. Pertanyaannya, a
pakah tiap traveller sangat perlu kartu JR Pass ini? Apakah benar jadinya lebih hemat? Jawabannya belum tentu, tergantung itinerary kalian sendiri. Sering gua tekankan, di artikel di sini, agar berhemat di Jepang, pastiin dulu mau ke kota mana saja, lalu gali informasi yang dalam mengenai akses ke sana. Karena transportasi di Jepang udah mahal, apalagi antar kota nya.

Gua kasih gambaran seperti ini:

- Jika kalian mau ke Hokkaido dari Tokyo, anda wajib beli JR Pass karena hokkaido jaraknya sangat jauh apalagi kalau cuma punya waktu 7 hari di Jepang. Kalau tidak menggunakan shinkansen, waktunya kurang. Kecuali kalian punya waktu lebih dari 1 minggu, bisa santai deh, pakai jenis transportasi lain yang lebih lambat. tidak perlu menggunakan shinkansen yang sangat mahal.

- Tokyo, Kyoto dan Osaka adalah kota paling populer bagi turis, terutama first timer ke Jepang,  sehingga banyak sekali cara menuju ke sana. Jadi, banyak kereta / bus murah sehingga kalau JR Pass terasa mahal, alternatif lainnya, bisa membeli tiket bus untuk rute antar kota tersebut. Gua pakai JR Bus Osaka-Tokyo seharga ¥6.100, sedangkan Willer Bus bisa hanya ¥3.100 saja. Malah dapat info -dari sesama traveller, bisa beli highway bus ticket di combini, sekitar ¥1.000 saja!

So, kalau cuma ke Tokyo-Kyoto-Osaka, dan di luar high season, mending ga usah beli JR Pass. Masih ada pass-pass lain yang bisa kalian manfaatkan dengan harga yang jauh lebih miring. Gua selama 9 hari di Jepang, keliling ke 9 kota hanya dengan budget 8 juta rupiah saja, tanpa JR Pass. Gua cuma beli Tokyo Wide Pass yang mengcover area Kanto saja, selama 3 hari. Sisanya, beli ketengan. Dan kalau gua bandungin apabila gua beli JR Pass, jadinya lebih murah.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, jalan-jalan murah, flashpacking, flashpacking murah, travelling, travelling murah, budget backpacking, itinerary, jepang, japan, jr pass, jr tokyo wide pass, tokyo wide pass, perbandingan harga,
Perbandingan harga dari Itinerary perjalanan gua di Jepang, antara Tanpa Pass (kiri), JR Tokyo Wide Pass (tengah) dan JR Pass (kanan). JR TWP bisa jauh lebih hemat, untuk perjalanan dengan Itinerary gua.


Jadi, pastikan dulu mau ke kota mana aja di itinerary kalian sebelum berangkat. Kalau gua si, demen cari alternatif yang murah. Tapi itu preferensi masing-masing individu yaa. Mau murah tapi dengan resiko jadi sedikit (atau banyak) lebih ribet, atau mau nyaman tapi mahal. So, kalau emang perlu memakai JR Pass, bisa (dan hanya bisa) di beli di luar Jepang, kalau di Indo bisa di travel agent atau online market place. Enjoy your trip :)

Kalau mau tips-tips berhemat ala gua selama di Jepang, baca di sini.

Comments

  1. Info, Skrg beli jr pass bs langsung di jepangnya mas, kmnr temen sy jr pass nya ilang trs beli lg di kantor jr di stasiun tokyo, emang hrgnya lbh mahal drpd beli di luar jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. JR Pass nya? Bukan JR East Pass atau JR Tokyo Wide Pass? Setau gua, JR Pass cm boleh beli di luar Jepang, selain itu, yang coverage nya lebih kecil, seperti JR East pass atau JR Tokyo Wide Pass, bisa beli di dalam Jepang, tapi lebih mahal 1000 Yen.

      Delete
  2. Seriously JR pass yg 7 days itu klo beli d indo 29.110 ¥, kmnr temen beli on the spot di stasiun tokyo 33.000¥. Emang lebih mahal. JR pass yg coverage area nya mpe hiroshima, nagasaki, hokaiddo kan. 😊. Klo JR tokyo wide pass 3 days cuma kanto region doank kan. Itu bs pembelian on the spot per 8 mar 17. Cuma stasiun gede aja. Cmiww.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah info baru nih. Tengkyu gan infonya!

      Delete
    2. Mas, mau updet. Berdasarkan ini http://www.japanrailpass.net/file/trial_basis_en.pdf
      jadi, per 8-31 maret 2017, emang diadain trial pembelian langsung di Jepang. Masih trial ternyata.

      Delete
  3. mas, mau tanya kalo JR wide pass bisa di pakai untuk naik shinkansen kodama dari tokyo ke odawara gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sorry bgt slow respon. JR wide pass ya. Yang jelas kalau naik kereta biasa (commuter) yg dioperasikan ama JR, bisa. Kalau naik shinkansen, kurang tau mas. Sorry :(

      Delete
  4. Mas mending beli tiket bis malem online atau ntar aja pas disana ya? Aku insya alllah brkt mei nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo beli online, kadang diskon sampe Y1000. Tergantung promo g berlaku si. Biar ga buru-buru dan ga ngabisin waktu, beli online. Kecuali kalo kondisi kayak gw; ga punya cc. hehehe...

      Delete
  5. Bedanya JR East pass atau JR Tokyo Wide Pass apa ya? kalo ga pake JR pas ke oshaka/ kyoto berapa jam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. JR Tokyo Wide Pass, berlaku untuk wilayah Kanto aja (Tokyo dan sekitarnya, Gala Yuzawa, Shizuoka-Gunung Fuji). Kalo JR East pass, lebih luas lagi sampe ke utara pulau Honshu (pulau paling gedenya Jepang). Tapi ga sampe ke Hokkaido ya.

      Tokyo-osaka naik shinkansen skitar 3,5 jam lah. Naik bus 6-8 jam. Tergantung si busnya brp kali mampir ke rest area.

      Delete
  6. Mas kalau beli tiket bus atau train on the spot langsung di stasiun bisa kan? Jadi gak perlu beli JR apalah apalah itu. Krn rencana cuma rute Osaka, Kyoto dan Nara aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget! Kalau dalam kota, beli tiket di stasiunnya langsung. Kalau antar kota, bisa dipesan jauh hari, bisa mesennya langsung di stasiunnya atau di combini (seperti 7-11, family mart dll)

      Delete
  7. halo mas, kalo beli jr bus dimana ya

    ReplyDelete
  8. Mas, mau nanya dong. Untuk pemesanan JR Bus seperti yang mas ceritakan apa bisa beberapa hari sebelumnya atau lgs ots? Kalau bisa pesan beberapa hari sebelumnya dimana pesannya? Kalau jumlahnya lebih dari satu orang masih rekom naik Bus JR atau tidak? Maaf banyak nanya, karena saya posisinya tidak punya CC juga seperti Mas. Terimakasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo