Day 9 pt3 - Seaside Top, Jepang, 9 Hari, 9 Kota, 8 Juta Rupiah

View dari Seaside Top. Coba perhatiin, Tokyo Skytree terlihat di kejauhan.

Hari ke-9 part 3!

Setelah seharian gempor keliling kota Kawasaki dan Tokyo, daerah Hibiya, Ginza, Minato dan Roppongi dengan berjalan kaki, saat nya balik ke WTC Building tempat gua naroh tas di loker. Saat itu udah malam, jam 7-an ketika gua sampai di WTC Building. FYI, WTC Building ini terletak di blok yang sama dengan Hamamatsucho Station, untuk naik monorail ke Bandara Haneda. Makanya gua naroh tas di loker di gedung ini.

Niatnya langsung ambil tas aja, lalu berangkat ke Haneda. Loker yang gua pakai berada di lantai satu WTC Building, tepat di samping meja informasi, agar mudah mencarinya. Pengalaman waktu memakai loker di Shinjuku Station, rada ribet loh nyari lagi tempatnya karena lokasinya mirip-mirip. Setelah ngambil ransel, di dekat meja informasi terdapat pillar dengan poster Seaside Top.

Kayaknya familiar dengan nama itu. Pas diinget-inget, Seaside Top udah gua masukin ke list gua di Google Map sebagai salah satu destinasi yang mesti dikunjungi! Di Tokyo, ada empat spot untuk melihat landscape kota Tokyo dari ketinggian, yaitu Tokyo Skytree, Tokyo Tower, Tokyo Government Building di Shinjuku dan Seaside Top. Tiga spot pertama gagal gua masukin; Tokyo Sktree karena saat itu towernya ketutup kabut tebal, jadi ga keliatan apa-apa, Tokyo Tower karena mau masuk sekalian dengan One Piece theme park, jadi next time aja datangnya, dan Tokyo Government Building di Shinjuku gagal karena pas ke sana udah tengah malam.

Nah, Seaside Top ini ternyata berada di gedung WTC Building! Tapi sebenarnya karena udah capek, jadi rada mager nyari-nyari tempat masuk ke Seaside Top. Ada lift khususnya dan gua ga ketemu di lantai satu. Nyerah deh. Ke WC dulu lah sebelum berangkat. Pas ke WC di lantai satu, penuh banget! Gua turun ke lantai basement untuk nyari WC. Begitu keluar WC, gua baru ngeh, di depan WC lantai basement ini merupakan tempat masuk ekslusif ke Seaside Top! Dan harganya jauuh lebih murah dari Tokyo Skytree dan Tokyo Tower. Cek kemampuan dompet, masih aman lah buat sampai bandara. Gua langsung beli tiket di vending machine-nya.

Area masuk ke Seaside Top, dengan lift khusus yang berada di lantai basement. Letaknya persis di depan WC lantai basement.

Seaside Top

Setelah beli tiket, gua langsung disambut dengan staf yang bertugas di depan lift. Dia mengantarkan langsung ke lantai 40 di gedung WTC Building, tempat Seaside Top berada. Begitu sampai di lantai 40, suasananya sangat berbeda! Di dalam sini sangat hangat, dan intertiornya bersuasana eksklusif. Semacam masuk ke hotel mewah. Keluar dari lift, gua nulis nama di buku tamu, diberi brosur, lalu langsung mengarah ke area observatory.

Karena udah malam, lampu-lampu di area observatory ini dimatiin. Banyak pengunjung, dengan pakaian rapih, mungkin habis dari kantor yang berduaan. Eiits, bukan mojok yaa, tapi karena lampunya di matiin, kita jadi bisa melihat citylight kota Tokyo dengan lebih baik, dan memberi efek romantis! Spot yang bagus buat nge-date. Plus, kita bisa memesan makanan dan minuman dari restoran di sini. Di Seaside Top, emang terdapat restoran dan hall yang bisa disewa untuk resepsi pernikahan.

backpacking, travelling, jalan-jalan, flashpacking, murah, travelling murah, jalan-jalan murah, backpacking murah, flashpacking murah, budget backpacking, jepang, japan, Tokyo, tokyo tower, tokyo skytree, seaside top, tokyo gulf, teluk tokyo
Salah satu view dari Seaside Top, yang menghadap ke Teluk Tokyo

Salah satu view dari Seaside Top, yaitu Tokyo Tower. Kontras dengan Tokyo Skytree yang berwarna putih, Tokyo Tower dapat dilihat dengan mudah dari atas sini di malam hari karena warnanya merah.

Melihat citylight Tokyo dari ketinggian 152 meter, dengan pemandangan 360º gua sampai terpana! Kereen! Ga salah deh gua ga jadi masuk ke Tokyo Tower, karena ketingiannya kurang lebih 150 meter di Main Observatory (dan saat itu Special Observatory dari 250 meter lagi di renovasi). Dengan harga yang lebih murah, mendingan ke sini. Gua juga bisa melihat Tokyo Tower dan Tokyo Skytree dari sini!

Harusnya Fujiyama juga bisa terlihat, tapi saat siang hari doank. Mau malam atau siang, viewnya sama-sama keren! Di salah satu area, terdapat foto lansdcape view dari siang hari. Ga salah pilih lah gua, karena ternyata Seaside Top ini mendapat Certificate of Excellence dari TripAdvisor. Jangan lupa, kalau datang malam hari, bawa tripod atau monopod ya, untuk night photo, harus pakai long exposure, biar hasil fotonya bagus!

Foto landscape dari Seaside Top. Gunung Fuji bisa dilihat dari atas sini di siang hari.

Salah satu spot untuk foto Tokyo Skytree dari atas Seaside Top

TIPS
Access to Seaside Top
Dari Tokyo Station, naik Yamanote Line ke arah Hamamatsucho Station. Tiket seharga ¥160.

Atau dari Bandara Haneda, naik monorail dan turun di Hamamatsucho Station. Tiket seharga ¥490.

Dari Hamamatsucho Station, jalan ke arah WTC Building, turun ke lantai Basement. Letak entrancenya di depan WC lantai basement.

Entrance Fee
Untuk dewasa ¥620, jam buka pukul 10.00~20.30 (pembelian tiket terakhir pukul 20.00)

Price list ticket (kiri) perhatikan, untuk usia tertentu maupun grup mendapatkan diskon. Vending machine ticket (kanan), beli tiketntya semacam self service.

Puas foto-foto di atas Seaside Top, gua turun ke bawah di lantai basement. Saatnya ke bandara! Tinggal jalan dikit, sampai ke mesin tiket monorail. Perjalanan sekitar 21 menit dengan monorail, lalu sampai lah gua di Haneda.

Di bandara, gua langsung check-in di kounter. Antriannya panjang, ga ada mesin self check-in nya. Pas giliran gua, ransel gua harus ditimbang juga. Ternyata ada peraturan baru dari maskapai yang gua pakai, yaitu tas di kabin maximal beratnya 7 kilogram. Untung ransel gua pas banget 7 kilo, meski kelihatan gede, tapi isinya pakaian semua. Barang-barang elektronik gua masukin ke tas pinggang (yang ukurannya cukup gede) tapi untungnya ga ditimbang.

Kelar check-in, gua keliling ke lantai 4 dan 5. Saat gua pertama tiba di Haneda, di lantai 4, di mana banyak restoran dan toko suvenir, udah pada tutup. Sekarang, masih buka, dan ternyata ramai juga! Di lantai 5, area observatorium, juga ramai, meski belum ada yang tiduran. Gua balik ke lantai basement untuk beli makanan. Laper coy! Viva la Combini, karena tersedia makanan dengan budget recehan sisa perjalanan gua, masih bisa dapat bento enak!

backpacking, travelling, jalan-jalan, flashpacking, murah, travelling murah, jalan-jalan murah, backpacking murah, flashpacking murah, budget backpacking, jepang, japan, Tokyo, tokyo tower, tokyo skytree, seaside top, haneda
Area restoran di bandara Haneda
Observatorium area, untuk melihat pesawat lepas landas di Bandara Haneda

Ga kerasa, petualangan gua selama 9 hari ntar lagi berakhir. Perasaan gua campur aduk, antara sedih dan lega karena bisa survive, dan bahagia banget karena mendapat banyak pengalaman baru dan seru. Gua jatuh cinta ama Jepang, dan gua pasti bakal balik lagi suatu hari ke sini. Masih banyak yang pengen gua eksplore.

Doakan saya pemirsa, biar bisa balik lagi ke sini!

Amin!

Total pengeluaran gua kali ini:
Monorail ke Haneda ¥490
Tiket Seaside Top ¥620
Meal ¥350
TOTAL ¥1460

See you next in TipsBerhemat di Jepang!
atau baca pengalaman gua di Day 9 part2, di TokyoTower.

Popular posts from this blog