Day 3, Phnom Penh

Artikel ini merupakan rangkaian perjalanan solo backpacking gua keliling ASEAN selama kurang lebih sebulan. Prologue-nya udah gua tulis di sini, kenapa gua melakukan solo travelling seperti ini. Day 1 dan Day 2 di sini. And this is Day 3, my Journey in Phnom Penh (PP), Cambodia.

Ransel bertopeng, Central Market,
Foto di depan Central Market

Tiket pesawat gw yang gw pake dari KL ke PP, merupakan tiket promo. Bayangin, cuma 150k coba! Meski keberangkatan subuh dan tiba pukul 7 pagi! Alhasil, gw tidur aja di bandara KLIA2! Biar hemat, maklum, judulnya jalan-jalan super irit! Biar makin irit, gw sebelumnya udah install Couchsurfing dan request untuk nebeng ke orang-orang lokal. Tapi sampe mendarat, ga ada yang ngebales.

Sedih.

Gw udah pernah mengunjungi kota ini di tahun 2013, udah beberapa tahun yang lalu. Dan first impression gw tentang kota ini:

I dislike this city! But I still wanna go back to explore it, at least once!

Yeah, gw ga suka karena kotanya chaos, panas dan yang paling membekas: gw ga suka makanannya.  Gw inget, makanannya ga enak! Semuanya terasa sama: ada wewangian mirip daun basil / mint / semacam cilantro gitu deh.

Di SEMUA makanan!

Nasi, sambel, sayuran, sop, ikan bakar. ALL!

Plus, waktu ini ke PP lagi bistrip. Jadi kurang eksplor. Malah salah satu klien gw ingetin agar hati-hati kalau mau ke sini dan ke situ. Banyak jambret, scam dan sebagainya. Kayak ortu lagi nasehatin anaknya lah. Jadinya gw liat kota ini dari sudut pandang turis berkelas, not as local. Makanya gw penasaran pengen coba explore kota ini sekali lagii aja, as local.

Hamdalah, terwujud.

--- Dan ga cuma sekali itu, hingga kini, udah terhitung lebih dari 8x gw ke kota ini! But that's another story! Waktu itu ga terbersit sama sekali di otak gw, kalo gw berjodoh dengan kota ini!---

Nah, berbekal pengalaman ga mengenakkan waktu itu, gw rada deg-degan loh selama di bandara! Mikirin, apa pengalaman gw bakal terulang ato malah ada pengalaman baru. Pas di pesawat si, ga mikir apa-apa.

Soalnya gw tiduuur 🤣

Akhirnya waktu menunjukkan pukul 7 pagi. Gw turun dari pesawat. Lalu ngelewatin imigrasi. Udah deg-degan soalnya ga punya tiket setelah dari sini. Pas ngisi kartu imigrasi, gw kosongin aja bagian departurenya.

Bismillah aja lah.

Dan lolos! Yayyy!!!

Lalu gw jalan ke arah exit. Nah, seinget gw, bandara Internasional Phnom Penh tuh kecil dan jadul. Dulu kayak terminal bus aja. Tapi sekarang, berubah banget! Udah nampak modernnya, meskipun beberapa sudut masih ada perbaikan.

Bus #3 from Airport to City Center

Tiba di pintu exit, gw langsung di samperin ama driver tuk-tuk. Gw udah riset doong, gimana caranya ke kota. Makanya gw cuekin aja tuh tawaran-tawaran tuk-tuk yang bergelimang. Tawaran kerja mah hayu, gw samperin, heheee.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, phnom penh airport, city bus number 3
(kiri) Bandara Phnom Penh, besar,bersih dan baru. Beda banget ama dulu, kayak terminal. Hehee
(kanan) Bus kota #3, modern, ber AC. Tapi pertama kali gw pake masih rada butut sii, kelihatan bekasnya. Sekarang bus-bus dengan trayek yang melewati pusat kota udah baru semua. Kalau rada pinggiran mah, tetap butut.

Jadi, begitu keluar pintu exit bandara, langsung ke arah exit gate di mana mobil-mobil pada keluar area bandara, menuju jalan raya. Kelihatan koq, wong bandaranya kecil. Jalan kaki aja, lokasinya ada di tengah. Cuekin tuh driver tuk-tuk. Begitu keluar gate, belok ke arah kiri. Jalan dikit sampai ketemu shelter bus stop. Nunggu aja di situ. Ambil bus #3. Inget, bus #3, ada tulisannya di depan busnya koq. Naik, lalu langsung masukin duit ke kotak di samping drivernya. Bayarnya cukup KHR1.500 saja.

FYI, di Phnom Penh dan di mana pun di Kamboja, selain mata uang mereka sendiri yaitu Riel (KHR), mereka juga menerima USD sebagai alat pembayaran yang sah. Bahkan ke pasar senggol pun nerima USD. Umumnya, satu USD equals KHR 4.000, meski terkadang KHR 4.100 kalau di convenience store. Jadi selain di toko-toko tertentu, di masyarakat umum ngitungnya 1USD = KHR 4.000. Catet yaa, biar ga rugi!

Busnya merupakan hibah dari masyarakat Jepang. Nampak sekali dari interior busnya yang berbau Jepang. Busnya juga terasa bekas. Tapi mengingat dulu belum ada bus umum sama sekali, ini sebuah kemajuan! Untuk turun cukup neken tombol merah di beberapa spot di dalam bus. Gw turun dekat area Phnom Penh Night Market, yang karena pasarnya buka malem, jadinya waktu itu sepi. Tapi tuk-tuk tetep banyaaak. Cuekin weh.

Info lebih lengkap buat naik bus udah gw tulis di sini.

--- UPDATE! Sekarang gerbangnya udah pindah di ujung kanan. Bus masih nomor yang sama dengan bayaran yang sama (KHR 1.500) tapi sekarang udah ada tap cardnya! Bus-busnya udah baru semua! Dan turunnya udah ga di PP Nigh Market, tapi rada jauh mengarah ke Japan-Friendship Bridge, jadi mending turunnya di Wat Phnom atau di central market kalau nginepnya daerah Riverside--- Lebih lengkapnya baca di sini deh tentang transportasi dikota Phnom Penh dan cara naik bus di Phnom Penh.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, royal palace park, wat
Di dalam kota Phnom Penh, Wat (kuil buddha) babalatak di sini! Coba perhatiin kabel listriknya, babalatak juga!😅

Gw nginepnya di Panorama Mekong Hostel, daerah riverside, jadi gw jalan aja ke arah situ. Sebenernya lokasi cukup lumayan, sekitar sekilo. Tapi di Riversidenya ada promenade, alias area pejalan kaki. Jadinya enaaak banget jalan kaki! Dan karena masih pagi, jadi belum menyengat banget mataharinya.

Gw awalnya cukup linglung juga nyari area hostel gw.  Liat di peta - yang sebelumnya udah gw download untuk keperluan offline - seharusnya udah sampai, tapi gw ga liat plang namanya. Ternyata, lokasinya berada di lantai 5 sodara-sadara, kudu nengok ke atas biar kelihatan! Di lantai groundnya ada resto bernama Grand River, dan untuk akses ke lantai di atasnya ada tangga kecil di samping. Kecil banget sampe hampir ga kelihatan kalau ga bener-bener nyari.

Gw naiklah ke tangga tadi. Sempit, kalau papasan ama orang, pas-pasan banget tuh lebarnya. Sampai di atas, mau check-in, belum boleh. Iyalah, masih pagi, waktu check-in tuh jam1! Alhasil, gw kudu ngapain dulu selama itu. Jadi gw nitip tas aja, nebeng cuci muka dan wc, isi botol gw dengan air, nebeng wifi, liat-liat mana yang bisa dilihat jam-jam se"pagi" itu.

Trus gw keinget, terakhir kali gw ke PP, gw kan mau lihat Genocide Museumnya yah. Tapi waktu itu dilarang ama klien gw soalnya daerah bronx ceunah. Plus waktu mepet si, alhasil ga ke sana.

Sekarang?

Hajar aja lah ya. Wong lagi misqueen ini, dijambret juga penjahatnya yang rugi ga dapat apa-apa 😂

*antara sedih tapi lega

Tuol Sleng Genocide Museum

Jadilah, gw memutuskan untuk mengunjungi museum genosida. Kalau lihat dari peta sii, "cuma" sekitar 3 kilometeran. Deket lah. Kebetulan di hostel gw, ada rombongan bule ditawarin buat touring ke genoside museum. Cuma $5 per orang, tapi kudu ramean, minimal ber-6. Tapi, gw mutusin buat jalan kaki aja. Hitung-hitung sembari melihat kota Phnom Penh, ada perubahan ga yaa...

*Padahal maah, jalan kaki demi menghemat. Duit sedollar pun sangat berhargaa! Ehiya, FYI nih, paket touring yang ditawarin hostel gw muraaaah pake banget bgsd! Kalo pake tour biasa $13 per kepala, tapi pake bus ber-AC. Dan kalau paket dengan killing field, jadi $25 per kepala!

Kembali ke laptop. Selama perjalanan ke arah museum, sambil melihat-lihat google maps, gw melihat kota ini ada sedikit perubahan. Udah ga semadesu dulu lagi. Panas terik sih, masih. Tapi waktu itu gw melihat ada geliat kota ini untuk meng-upgrade dirinya. Lain kali deh, gw bahas.

Sampai di area museum, gw pikir museumnya bakal gimanaa gitu. Karena terkenal dengan pembantaiannya, gw ngebayangin bakal serem dan bronx abisss. Udah ngebayangin bakal ada mesin torture dengan tengkorak, plus bekas darah di mana-mana, dengan sarang laba-laba memenuhi area. Dan udah antisipasi bakal ngerasain hal-hal mistis selama di sini.

Nyatanya?

Ternyata biasa aja. Di luar, emang ada aura-aura penjaranya, tapi kerasa biasa aja karena dikelilingi perumahan biasa. Orang-orang yang tinggal deket situ nampak menjalani hidup mereka dengan wolesnya. Begitu masuk dalam museum, malah hilang sudah image yang gw bayangin sebelumnya!

Tengkorak?

Mesin torture?
Darah-darahan?
Sarang laba-laba?
Wajah-wajah preman mengintai dari jauh?

Apa ituu?

Ga ada satupun!

Jadi gini, museum ini area bekas sekolah, yang dijadiin penjara pada jaman Khmer Merah. Bayangin aja sekolah SD dengan gedung 3 lantai berbentuk U. Dan dindingnya sudah di cat putih! Bersih! Di tengah kompleks ada area taman. Rindang dan asri. Begitu masuk ruangan kelas yang dipakai menjadi ruangan penyiksaan, aura mencekamnya juga ga ada loh! Cuma ada bekas ranjang dengan beberapa foto buram yang diambil ketika museum ini pertama kali "ditemukan" oleh dunia luar. Di beberapa ruangan, dinding dan lantainya emang ada bercak darah, tapi ga banyak.

Yang bikin bulu kuduk berdiri malah bukan dari gedungnya, bukan dari display bekas ruangan penyiksaannya, tapi dari ceritanya! Tiap-tiap ruangan menyimpan ceritanya sendiri. Ditambah foto-foto para korban dan ilustrasi dari korban yang selamat -gambarnya si, sorry, jelek secara estetis anatomis dan perspektif, tapi deskripsinya yang patut diacungi jempol!

Gw kayaknya kudu bahas museum ini dalam artikel lain deh. Bakal panjang sob!

Maaf yak, kentang! Cek dimari lah cerita lengkapnya!

Oiya, kalau datang ke sini, pastikan rental audio guidenya. Biar makin afdol menghayati cerita kekejaman dark age nya Kamboja!

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, orussey market
Perjalanan balik, gw ngambil jalan memutar biar bisa lihat-lihat landmark terkenal di kota ini. Di gambar kiri adalah Orussey Market, salah satu pasar tradisional semi basah di kota ini.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, central market
Jalan menuju Central Market (lihat bangunan dengan kubah mirip tanga berwarna krem) pasar paling terkenal di kota ini. Sekitarnya banyak terdapat pool bis antar kota, makanya daerah sini super sibu.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, centrakl market
Suasana di sekitar Central Market (sebelum masuk gedung utamanya). Jualannya beragam, dari seafood hidup, food stall, pakaian, hingga salon! Di dalamnya pun jualannya mirip (kecuali seafood hidup).

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, central market
Di dalam central market, di tengahnya, terdapat tiang jam. Jadi inget jam gadang. Struktur atap dan bangunannya sendiri sangat art deco!
ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, num pang
Jangan lupa makan guys! Num Pang, (bukan nebeng) alias sandwich versi Kamboja. Sebagai negara bekas jajahan Prancis, Kamboja, Vietnam dan Laos mempunyai makanan seperti ini. Isiannya biasanya grilled chicken/pork/beef atau sosis/ham dengan lalapan acar. Yang ini harganya KHR 3.000 saja.

Panorama Mekong Hostel

Puas menghayati sejarah museum ini, waktu udah pukul setengah 3 loh. Gila, gw kalo ke museum bisa lamaa! Buru-buru gw jalan kaki balik ke hostel. Yes, jalan kaki. Gw lagi misqueen guuuuys! Hehehee...

Nyampe di hostel, gw check-in. Yang jaga orangnya anak muda sok asik gitu. Inggrisnya bagus banget tapi, pronounciation a-la bule abis, bukan a-la lokal. Yang pernah main ke daerah Indochina ngeri lah ya, gimana bahasa Inggrisnya lokal. Tapi yang bikin gw inget, anaknya sok iyeh gitu, flirting ke bule-bule cewe, sok nge-bro ke bule-bule cowo. Ah udahlah, aing check-in weh, mandi istirahat.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, panorama mekong hostel, riverside
View dari Panorama Mekong Hostel di lantai 5

(kiri atas) View di ground floor (tengah atas) tangga akses menuju hostel (kanan atas) view dari hostel
(kiri bawah) hostelnya berbentuk kapsul, jadi bagian kakinya yang ada tirainya
(kanan bawah) hostelnya juga punya bar jadi ga perlu turun ke bawah kalau mau ngebir. Viewnya juga cakep!

Hostel ini bentukannya capsule hotel guys! Dalam kamar, emang si, ada maksimum 18 orang, tapi karena dibentuk style kapsul, jadinya ga kerasa cramped! AC nya dingiin banget! Kasur dsn bantal, empuklah. Lantai bersih dengan locker di bawah bunkbed. Internetnya juga kenceng! Bahkan jangkauannya luas banget loh! Gua di luar hostel, duduk-duduk di riverside di seberang hostel, masih dapat! Masih kenceng pula!

Shower nya ada air hangatnya. Ada area ganti baju pulak! Dan bersih. Ohiya, tadi gw kasi tau kan, lokasinya ada di lantai 5 dan ada bar nya. Jadi gw bisa enjoy view sungai Mekong dari atas sini! Sunset dan sunrise! Tinggal Nice ga tuh? Dan karena gw nginep di situ, jadi ga perlu beli apapun, bisa duduk-duduk santai di bar.

Overview

Lokasi............. 10 (pas di pusat turis)
Kenyamanan..   8 (buat gw cukup nyaman, wong buat tidur doang)
Kebersihan.....   7 (namanya juga hostel, ga bersih-bersih amat)
Security .........   6 (ada loker tapi pake gembok biasa)
Internet .......... 10 (kenceng, bahkan di lantai bawah pun masih dapat akses internet!)
Fasilitas .........   7 (cukup lengkap, ac dingin, hot shower)
Service ..........   7 (resepsionisnya yang satu sok asik, yg satu judes banget)
Price .............. 10 (worth it!)

Kelar mandi, gw istirahat dalam kamar -lebih tepatnya dalam kapsul. Gw riset-riset gimana caranya ke Siem Reap, destinasi gw selanjutnya. Maklum, gw emang tanpa perencanaan yang matang. Impulsif backpacker deh. Datang dulu, baru mikir kemudian. Hehee...

Ternyata, ada banyak travel yang menawarkan jasa ke sana. Buanyaaak! Karena Siem Reap adalah kota yang touristy, jadi gampang nyari travel yang ke sana. Tapi kudu hati-hati milih, soalnya Kamboja terkenal dengan scamnya, plus pelayanan terhadap turis yang parah. Yang gua temuin di internet, yang paling bagus itu Giant Ibis. Ini perusahaan milik Kamboja, dengan service yang paling memuaskan. Tapi dengan harga paling mahal, tentunya. Yang bagus kedua adalah Cat Mekong Express. Sedikit lebih murah dari Giant Ibis, dengan review 80% oke dan 20% mengecewakan. Sisanya? Not recommended, meski murah!

Setelah riset mendalam, antara kenyamanan, kemurahan dan kecepatan tempuh perjalanan, gw akhirnya memilih Cambodia Post VIP Van.

Lah? Katanya yang lain ga recommended?

Wait...wait...wait...

Jadi, dari sekian banyak review, informasi tentang Cambodia Post ini cuma 1-2 biji gitu, waktu itu. Jadinya gw hampir skip. Tapi gw penasaran. Jadi, travel ini baru beroperasi ga berapa lama, makanya reviewnya masih dikit. Plus, namanya itu loh, emang kita bakal bareng ama surat-surat dan kartu pos?

Eeh, ternyata bener dong. Gw cek, ini merupakan layanan terbaru dari kantor pos nya Kamboja! Mereka kan tiap hari bolak-balik antar kota ngirip surat dan paket. Kenapa ga sekalian aja ngirim orang? Nice! Harganya pun nice loh! Sebagai perbandingan, Giant Ibis matok harga $15 dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam karena naik bus, sedangkan Cambodia Post cuma $8 dengan waktu tempuh 5-6 jam! Karena make minivan, jadinya bisa ngebut!

Baique, meski reviewnya masih dikit, gw ambil leap of faith aja deh. Gw memutusan untuk jalan ke kantor pos untuk beli tiket. Kenapa ga beli online? Karena gw ga punya CC! Hiks. Lokasinya ada di belakang Wat Phnom, jadi mayan lah, biar sekalian lihat-lihat lagi.

Sampai depan kantor pos yang bentukannya kayak bangunan kolonial jaman dulu dan ga ada tanda-tanda adanya travel, gw beranikan diri aja masuk ke dalam, lalu nanya ke orang. Diarahin ke area sebelah kiri. Ternyata loket untuk travelnya ada di sini gan! Langsung deh nanya-nanya, dan hamdalah, seat buat besok ke Siem Reap masih ada. Schedulenya ada yang jam 7.00, 8.00, 9.30 dan 14.00. Tapi yang jam 7.00 dan 9.30 udah full. Gw akhirnya beli yang jam 8.00 aja. Kalo jam 7, ga yakin bisa bangun euy!

ransel bertopeng, kamboja, kantor pos phnom penh, Phnom Penh,
Kantor Pos Phnom Penh

*sebenernya jam 8 pun ga yakin bisa, tapi gada pilihan. Gw ga mau yang jam 2 siang, takut nyampe Siem Reap malam. Karena belum tau kondisi, jadi mending milih yang nyampe siang deh.

Hampir Kena Scam

Kelar beli tiket, gw akhirnya jalan ke arah Wat Phnom. Wat Phnom ini salah satu Wat (Pagoda) yang ada di tengah kota Phnom Penh. Lokasinya unik, berada di atas bukit. Bukitnya sendiri unikm ada di tengah kota gitu. Alhasil Wat Phnom jadi salah satu landmark kota ini.

Ujug-ujug ada bapak-bapak boncengan ama ibu-ibu. Teriak dari jauh, nice T-shirt! Waktu itu gw make kaos dengan karakter-karakter Tokusatsu -itu loh, versi Jepangnya Power Ranger. Gw cuekin aja, tapi mereka langsung U-turn terus nyamperin.

Dua-duanya histeria gitu orangnya. Ketawa mulu dan SKSD. Gw langsung pasang mode aware.

ransel bertopeng, kamboja, kantor pos phnom penh, Phnom Penh, Wat Phnom
Perjalanan menuju Wat Phnom di dekat Kantor Pos

Scammer (S): "Nice T-Shirt!" Dengan aksen Inggris a-la lokal mereka.

Me (M): pura-pura g tau mereka ngomongin apa

S: Sambil nunjuk ke kaos "T-shirt, good!" Sambil ngacungin jempol

M: "Thanks!?"

S: "Where you buy?" Kata mereka dengan grammar seadanya.

M: "Bangkok"

S: "Ooh, I love Bangkok. I've been there"

M" OK"

S : "I wanna visit Bangkok. Can guide me what good is there?"

M: "NO. Not from Bangkok"

S: " So, where you from?"

M: "Indonesia"

S: "Ooh, Indonesia. Bali! I love Bali" Kata mereka sambil ketawa.

M: "..... " hmmmm makin mencurigakan. Pasang tampang bete.

S: "My sister will go to Bali. For work. Can you help her?"

M: "How?"

S: " Just come with us"

M: "How can I help by coming?" Tanya gw mulai cerewet dan bete.

S: "You give suggestions, tips and all info about Bali to her. And please bring your passport too"

M: "What? What for?

S: "So we can see..."

M: "..." mulai menyebalkan nih.

"Look, I don't bring my passport. I left it at my hotel. Also, how can I come with you? You only           have a motorcycle and there're two of you. Won't fit!"

S: "...." Mulai mikir mereka

Percakapan berlanjut sengit sekitar 10 menitan, mengenai passport, hotel dan alesan kenapa gw yang harus ikut mereka, bukan adiknya mereka yang dibawa ke sini. Katanya mah, adeknya lagi jaga ibunya yang sakit jadi ga bisa ditinggal. Ohiya, gw daritadi ga nyebutin nama hostel gw, padahal mereka greget banget nanyain daritadi dan gw bilangnya nginap di hotel, bukan hostel. Biar makin aman.

M: " Ok, look. I want to help. But I need to bring my pasport first. Also you need to bring another            motorcycle with you. Then I will come with you!" Kata gw dengan nada yakin dan muka serius.

"Ok, right now, I want to go to Wat Phnom. It's near here. My hotel is behind that area, I forgot
       the name, but I will get my passport first, then I will wait you at Wat Phnom."

T: "Oooh, Wat Phnom. Okeeii, okeeiii. Wait us!"

M: "Of Course! I will glad to help you"

T: "Wait us, okeeei? Not long!"

M: "Long OK too. Jawab gw dengan grammar yang ngaco jg biar nyamain mereka.

"We meet at 5pm! How is that?" Saat itu waktu sekitar pukul 4.

T: " Okeeeii" Dengan nada khas lokal.

"5pm! See you!" Sambil naik motor.

M: " See You!" Sambil dadah-dahan, plus senyum puas.

Aing berhasil ngibulin tukang ngibul euy!

Gw tetap dadah-dadahan sambil ngelihat mereka melaju menjauh dengan motornya. Pas udah ga kelihatan, gw langsung ngaciiiiiiiirrrr. Langsung lari gw ke arah hostel. Mending tiduuuur.

Dan ketiduran. Hahahahhaaaa...

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, royal palace park, riverside
Berjalan balik ke arah hostel melalui riverside

Malamnya, gw cek, ternyata emang ada scam macam itu. Mereka bakal sangat persuasif ajakin kalian buat ikut mereka buat ngebantuin sodaranya di rumah. Biasanya bilang kalo sodaranya mau ke negara calon korban, jadi minta tolong kasi info dan segala macamnya deh. Pas nyampe di rumah mereka, katanya mah beneran ditanyain ini-itu, si "sodara"nya berlagak lugu dan manja ke calon korban. Begitu pulang, masalah dimulai. Calon korban dicegat ama komplotan mereka. Habis deh barang bawaan. Kalau bawa pasport, bisa diperas tuh calon korban biar dibalikin pasportnya.

Fyuuuh.

Bullet avoided!

------

Malam pun tiba. Gw buka-buka lagi Couchsurfing gw. Eh, ada yang ngebales! Katanya sorry, gw terlalu mepet requestnya. Padahal dia beberapa hari sebelumnya lagi nge-hosting juga. Dan malam ini lagi menuju Siem Reap. Eh, gw kasi tau aja, gw juga mo ke sana besoknya. Dan kita janjian ketemuan besoknya di Siem Reap. Btw, this moment is the starting of a friendship loh.

Azeeek!

Pchum Ben Festival, jadwal bus, kamboja, ransel bertopeng
(kiri) Jadwal bus ke kota lain di Kamboja
(kanan) Pengumuman Pchum Benh Festival di convenience store di Kamboja

Pchum Benh Festival

Kalau di Indonesia ada momen mudik karena hari raya lebaran yang panjang, di Kamboja juga ada hari raya mudik yang mirip. Namanya Pchum Benh Festival. Gw baru tahu malam itu, kalau besoknya di bakal bertepatan dengan hari raya nasional Kamboja ini. Biasanya dirayain selama kurang lebih 2 minggu, dari hari pertama hingga hari kelima belas bulan Potrbotr kalender Khmer (Khmer dibaca Khe-maai).

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, royal palace park, cemilan
(atas) cemilan asinan buah-buahan dan serangga goreng. Udang kecil juga dianggap serangga kali ya.
(bawah) suasana sekitar taman Royal Palace. Biasanya tiap malam rame di sini, cuma pada mudik aja makanya sepi.

ransel bertopeng, kamboja, Phnom Penh, royal palace park, loklak beef
Nyari makan deket Pshar Kndall dan Wat Ounalum. Gw mesen loklak beef, panganan khas Kamboja. Harganya $2,5 (KHR10.000), makannya di kursi kecil semi jongkok gitu. Biasanya emang gitu kalau di sini mah.

Meski namanya festival, tapi jaaauh dari hiruk pikuk sebagaimana layaknya festival, karena orang-orangnya pada mudik. Pantesan rada sepi, convenience store jarang yang buka, kalaupun buka, ga sampai 24 jam. Dan bar-bar ajeb-ajeb di area riverside juga (katanya) ga semeriah biasanya. Buat gw sih, ga masalah. Karena gw udah kecapean jalan kaki seharian, malam itu gw pun ga jalan jauh. Cuma sekitar riverside dan Royal Palace aja yang jaraknya deket banget dari hostel. Dan gua pun tidur dengan nyeyak malam itu.

Next Destination: SIEM REAP, Cambodia

Apakah yang bakal terjadi dengan diriku ferguso? Nantikan selanjutnya di sini.

--- つづく

Total (rate saat itu) IDR 298.790

TIPS
Access to Phnom Penh city
Kalau dari bandara, lebih lengkapnya, baca di sini.

What to Do
Sekilas, kota ini ga segaung Siem Reap dalam hal turisme serta budaya dan ga semegah Bangkok dalam hal city lifestyle. Makanya kebanyakan turis cuma mampir di sini untuk istirahat dari perjalanan panjang, misalnya dari Siem Reap ke Ho Chi Minh, mampir dulu ke sini. Tapi kalau dieksplor lebih dalam, ternyata kota ini menyimpan keasikannya sendiri! Gw pun enjoy di sini , udah datang berkali-kali. Gua udah ngumpulin jadi satu artikel, bisa baca di sini.

Yang perlu di ingat dari Kamboja antara lain: di sini mata uang yang berlaku adalah USD dan Riel. Bahkan di pasar pun bisa belanja dengan dollar! Untuk makan, di riverside rata-rata sekitar $2,5 per meal (exclude minum), tapi luar area turis bisa $0,5-1,5 saja.

Popular posts from this blog