Day 18; Mengurus Surat Kehilangan di KBRI Thailand


Setelah seharian yang melelahkan kemaren, akhirnya hari berganti juga. Gw terbangun, masih dalam realita, di dalam ruangan penuh orang di hostel yang ga reccommended ini. Tapi satu hal yang pasti, hari ini gw kudu cari tahu apa yang perlu gw lakuin kalo kehilangan dompet beserta isinya di luar negeri. 
-----
Artikel ini merupakan rangkaian perjalanan solo backpacking gua keliling ASEAN selama kurang lebih sebulan. Prologue-nya udah gua tulis di sinikenapa gua melakukan solo travelling seperti ini. Day 1Day 2 di Melaka, Day 3 di Phnom PenhDay 4 perjalanan ke Siem ReapDay 5 keliling Angkor WatDay 6 Killing Field Siem ReapDay 7 nyeberang perbatasan Kamboja-Vietnam lewat darat. Day 8 keliling Saigon dan masuk ke War Remnant MuseumDay 9 main ke Vietnam Traditional Medicine Museum and then Stranded at Old Quarter Hanoi in the middle of the night. That night, enjoyed Hanoi Old Quarter, Car Free Day & Weekend Market. Day 11 gw kejebak hujan, tapi akhirnya enjoy egg coffee dan kenalan dengan cewe lokal. Day 12 perjalanan hampir seharian menyeberang perbatasan Vietnam - Laos dengan bus! Day 13 di Vientianeday 14 nyeberang dari Laos ke Thailand, serta explore Nong Khai. Day 15 train from Nong Khai to Thailand. Day 16, failed to MaeKlong, then exploring Yaowarat. Day 17, first time I realized I lost my Wallet!

And today, my first time going to Indonesian Embassy abroad!
-----

Gw masi berbaring di ranjang bunkbed 3 susun ini. AC nya masih nyala. Dingin bet parah! Antara mager tapi dingin AC nya mengganggu banget mana gw gada selimut, jadi gw melek deh. Misi hari ini cuma satu; ngurus surat kehilangan. Karena gw ga ada pengalaman kehilangan barang selama di luar negeri (dan semoga kalian yang baca juga ga mengalaminya), makanya gw kudu riset dulu.

Untung masih pada tidur, jadi masih jarang yang make wifi nya. Internet pagi itu terasa lebih kencang dari hari sebelumnya. Gw surfing deh internet, apa yang harus gw lakuin kalo kehilangan dompet beserta KTP di luar negeri. Tapi semua artikel yang gw baca merupakan artikel kehilangan passport ketika di Bangkok, dan langsung merekomendasikan datang ke KBRI aja di deket pratunam. 

Katanya mah staffnya sangat helpfull. Langsung dibantu ngurus passport baru. Tapi kalo bukan passport yang hilang gimana ya? Tapi satu hal yang pasti; hari ini kudu ke KBRI. Lebih baik nanya langsung ke sana daripada berasumsi doang. Ya ga?

Kelar mandi dan siap-siap (ohiya, kamar mandi yang satunya dah dibersihin ternyata!) gw berangkat menuju BTS. KBRI tuh lokasinya di jalan Petchaburi, ngesot dikit dah nyampe Pratunam. Pantesan di Pratunam banyak orang Indo maen ke sana yak, selain karena area sini barang-barangnya murah, deket ama KBRI pulak. Ke Pratunam tuh gampang, bisa diakses dari BTS Ratchadewi, BTS Chid Lom ato BTS Ratchaprapop. Pratunamnya berada di tengah-tengah tiga stasiun tadi. Tetep kudu jalan si.

Yang terdekat dari gw tuh BTS ChidLom, jadi ke sanalah destinasi BTS gw. Turun dari BTS, lalu lewatin Central World mall, belok kiri di perempatan Fly Over Pratunam, lewatin Pratinum Mall, lewatin Pantip Pratunam mall, sampai deh di KBRI. 


Dari depan, cuma kelihatan tembok polos bercat putih, di atasnya ada pager berduri. Mendekat ke pintu masuknya, ada relief berwajah Buddha, mirip dengan relief yang ada di Candi Borobudhur. Ada papan dari kuningan dan diengrave dengan tulisan Embassy of the Republic of Indonesia dengan tulisan latin dan aksara Thai. Pintu masuknya ada dua, satu untuk kendaraan, satunya untuk pejalan kaki. Pengunjung biasa kayak gw masuknya di pintu pejalan kaki, yang dekat dengan kaca gede untuk sekuriti. Eh satpam ding.

Yes, beneran satpam dengan seragam atasan putih bawahan biru tua dan topi berwarna sama dengan celana, lengkap dengan peluit yang diikatkan ke tali dan disandang di bahu. Gw tanya ke satpamnya yang wajahnya kayak orang Indonesia. Ternyata beliau orang lokal tapi bisa bahasa Indo dikit dan bahasa Inggris dikit. Gw jelasin maksud dan tujuan gw mau ke KBRI. Lalu gw dipersilahkan masuk ke dalam. 

Setelah melewati pintu, terlihat dah daleman KBRI ini. Ada lapangan rumput luas dengan satu bangunan utama berlantai dua dengan facade kaca dan lambang Garuda Pancasila terpampang. Tapi tujuan gw bukan ke gedung utama, tapi di gedung sayap yang dekat dengan tempat masuk tadi. 

Masuk ke dalam ruangan kecil ber AC, vibe nya kayak ruang kantor minimalis. Gw disapa ama dua resepsionis, satu cewe satu cowo berwajah entah lokal atau orang Indo, pokoknya mirip. Dari dandanan si, kayaknya mereka mahasiswa magang. Dan bener, mereka ternyata mahasiswa lokal lagi magang. Gw jelasin lagi deh maksud dan tujuan gw ke situ, sambil ngisi formulir. 

Daan, mereka bingung. Soalnya biasanya yang datang ke KBRI tuh yang berhubungan dengan Visa, atau passport. Misal kehilangan passport atau mau perpanjang. Ada bule-bule yang datang sebelum gw lagi apply visa. Ada ibu-ibu orang Indo bawa anak-anaknya yang masih remaja tapi berkewarganegaraan lain lagi ngurus Visa buat anak-anaknya. Lah kalo kasus gw gimana? 

Kan gw mo cari tau nih, kudu ngapain kalo kehilangan dompet, ktp dan atm di luar negeri. Mereka juga bengong. Akhirnya setelah menelpon seseorang yang mungkin atasan mereka, gw dipersilahkan masuk ke ruangan selanjutnya. Gw membuka pintu keruangan tadi, yang ternyata... Sebuah lorong ke arah ruangan selanjutnyaa...

Di ruangan selanjutnya, masih berupa lorong juga, tapi di sebelah kanannya ada semacam loket, dan di balik loket kaca ini ada ruangan semacam kantor. Di sini lah request pengunjung (yang biasanya mau bikin visa) diurus. Lalu salah seorang staff yang masih muda berpenampilan rapih ala kantoran menghampiri gw dari balik bilik kaca. Kali ini gw bisa pastiin dia orang Indo tulen karena kita ngobrol pake bahasa indonesia. Gw pun lalu menjelaskan maksud dan tujuan gw datang ke situ, untuk ke tiga kalinya!

Nah, dia lalu merekomendasikan seperti berikut:
1. Datang ke kantor polisi terdekat
2. Minta buatin surat kehilangan 
3. Balik lagi ke KBRI, bawa surat kehilangan tadi
4. Staff KBRI akan membantu membuat terjemahan resmi untuk kemudian bisa diproses di Indonesia.

Ok, now I know what to do. Staff tadi juga nunjukin di mana kantor polisi terdekat yang gw bisa bikin aduan. Deket si, cuma 1,5 kiloan.


Keluar dari KBRI, gw lalu melangkah berbelok kiri ke jalan gede yang ada BTS nya. Intinya gw perlu ke BTS PhayaThai, lewatin dikit lalu belok kiri lagi di jalan gede (Thanon Si Ayutthaya), telusurin jalan, nanti kantor polisinya di sebelah kiri. Tapi sebelumnya, gw kudu cari tempat fotocopy dan print, untuk persiapan dokumen siapa tau diperlukan. Sambil jalan aja si.

Nah, pas di perempatan Petchaburi road ama PhayaThai road, ujug-ujug ujan gede lagi! Sial. Untungnya ada semacam pos polisi yang ga ada polisinya di perempatan itu, jadi gw bisa neduh. Sekitar 10 menitan, hujan mulai reda. Gw pun nekat lanjutin jalan kaki meski masih rintik-rintik. Gw lihat di peta, sebelum BTS PhayaThai ada sevel. Gw coba aja tanya bisa ngopi dan ngeprint ga di situ.

Ternyata ga bisa! Yaaah

Tapi ama staff nya gw disuruh ke area perkantoran di sudut jalan. Setelah lewatin stasiun BTS, ada area perkantoran bernama C.P. Tower 3, entah di mana tower satu dan duanya. Di sini ada beberapa gedung yang ga terlalu tinggi tapi masih dalam satu kompleks, dan ground floornya terhubung dengan area mall kecil gitu. Gw masuk ke dalam, dan nemu area fotocopy sekaligus print. 

Kenapa print? Kan tinggal fotocopy passport. Yaah, sapa tau print out KTP juga perlu diminta, buat jaga-jaga aja. Dan gw dah ada hasil scan nya di google drive, ke save di hape. Jadi mo ngeprint gampang. 

Kelar ngeprint, ngopi dan sekalian aja ngelunch seadanya di sini, gw lalu jalan ke arah kantor polisi. Ga mudah koq nyarinya. Di depan pagarnya terpampang dengan jelas tulisan Phaya Thai Police Station dengan aksara latin dan Thai. Di depan gedungnya juga terpampang papan nama yang sama. Ga mungkin nyasar deh.

Setelah melewatin pagar, lewatin area parkiran dengan paving blok yang luas, menuju gedung utama berlantai empat dan satu-satunya gedung di sini. Pintu kacanya terbuka otomatis dan di dalamnya merupakan area public service di mana banyak orang sedang menunggu di tengah, dan di sekelilingnya merupakan loket-loket service. Di balik loket ada orang-orang berseragam ijo tua. Seragam tersebut adalah seragam kepolisian di Bangkok. 

Gw lalu nanya ke salah satu bapak-bapak berseragam deket pintu. Gw bilang "I lost my wallet" lalu langsung diarahin ke loket khusus. Sebenarnya bukan loket malah, cuma meja doang yang cukup buat duduk berempat. Di balik meja ada dua polisi yang sedang memegang buku catatan. Gw lalu dipersilahkan duduk, dan diinterview.

"Hi, I lost my wallet"

"Where do you lost it?"

"I guess somewehere around Pratunam. Yesterday when I was shopping" (bohong dikit lah)

Lalu dia keluarin semacam kertas form dengan size A4 gitu, lalu mulai menulis dengan tinta biru dan aksara Thai sembari lanjut nanya-nanya ke gw. Yang ditanya biasa si, nama, alamat atau lokasi penginapan, dan barang yang hilang apa aja. Ama dia ditulis satu-satu. Gw list yang penting; KTP, ATM dua jenis, kartu asuransi, kartu bpjs, SIM A dan C. Yang ga penting kayak kartu timezone, amazone, ga usah yaa 😝 Gw juga ngasih fotokopian passport dan KTP ke polisi. Keduanya di strapless di form tadi. 

Lalu... 

Udah, cepet banget prosesnya. Gw jalan lagi deh ke KBRI. Karena tadi dah darisitu, gw langsung dipersilahkan jalan ke loket staff. Ama staff yang sama, form kepolisian setempat dipinjam ama dia untuk diterjemahin. Sekitar 10 menitan, form nya dibalikin ke gw berikut dengan satu lembar kertas concorde A4 150 gram yang berisi trasnkrip terjemahan form tadi, lengkap dengan kop dan stempel KBRI Thailand. Wowww...

Nah, gw udah punya 'amunisi' untuk ngurus semua kartu-kartu gw yang hilang tadi, tapi pas di Indonesia. Dan gw masih punya 3 hari di Bangkok, dengan duit kurang dari 1000 Baht. 

What will you do? What Can I Do?

Banyak koq!


P.S. Kali ini gw ga majang foto apapun di sini, karena waktu itu fokusnya ngurusin surat kehilangan. Bahkan form kepolisian setempat dan translasi dari KBRI nya ga sempet gw foto! Untungnya sekarang dah kelar semua urusan pergantian kartu-kartu yang hilang di instansi masing-masing!

--- つづく

Damage Cost
Lunch B58
Copy+print B24

TOTAL (rate saat itu) IDR 32.800

TIPS
Kehilangan barang penting di Bangkok
Mau itu Passport, KTP, ATM, intinya perlu bikin surat kehilangan di kantor polisi terdekat. Lalu datang ke KBRI untuk bikin translasi nya untuk kemudian di urus di Indonesia (kecuali passport bisa diurus langsung di KBRI).

Berikut proses-prosesnya:
1. Fotocopy passport dan KTP (lebih baik scan kartu-kartu penting dan taroh di dalam HP/cloud storage).
2. Datang ke kantor polisi terdekat. Dalam hal ini, karena next stepnya adalah ke KBRI, maka datang Phaya Thai Police Station adalah yang terdekat.
3. Bikin surat kehilangan di kantor polisi. Jelasin barang-barang apa aja yang hilang, yang kira-kira untuk membuat baru ketika di Indonesia bakal membutuhkan surat keterangan dari polisi.
3. Datang ke KBRI bangkok. 
4. Terangin maksud dan tujuan, lalu kasih form dari polisi setempat.
5. KBRI akan memberikan surat terjemahan form tadi.
6. Balik ke Indonesia dan membuat memproses pergantian kartu-kartu yang hilang sesuai dengan instansi terkait.


FYI, all are FREE! Tanpa dipungut biaya satupun!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo