Day 17; What Will You Do If You Lost Your Wallet?

We all agreed that travelling doesn't always fun. There're ups & downs. This is my story about one of them, the shittiest one actually, on my 17th day exploring ASEAN. Sehari sebelumnya gw udah mengalami berbagai kegagalan;

Gagal ke MaeKlong Train Market
Gabisa masuk  Wat Suthat Thepwararam karena lagi ditutup untuk publik menjelang prosesi pemakaman sang Raja
Gabisa masuk Golden Mountain karena dah mau jam tutup

Hari ini, nambah satu kesialan gw...

-----
Artikel ini merupakan rangkaian perjalanan solo backpacking gua keliling ASEAN selama kurang lebih sebulan. Prologue-nya udah gua tulis di sinikenapa gua melakukan solo travelling seperti ini. Day 1Day 2 di Melaka, Day 3 di Phnom PenhDay 4 perjalanan ke Siem ReapDay 5 keliling Angkor WatDay 6 Killing Field Siem ReapDay 7 nyeberang perbatasan Kamboja-Vietnam lewat darat. Day 8 keliling Saigon dan masuk ke War Remnant MuseumDay 9 main ke Vietnam Traditional Medicine Museum and then Stranded at Old Quarter Hanoi in the middle of the night. That night, enjoyed Hanoi Old Quarter, Car Free Day & Weekend Market. Day 11 gw kejebak hujan, tapi akhirnya enjoy egg coffee dan kenalan dengan cewe lokal. Day 12 perjalanan hampir seharian menyeberang perbatasan Vietnam - Laos dengan bus! Day 13 di Vientianeday 14 nyeberang dari Laos ke Thailand, serta explore Nong Khai. Day 15 train from Nong Khai to Thailand. Day 16, failed to MaeKlong, then exploring Yaowarat

And this is my next story, DAY 17, I LOST MY WALLET!

-----


Pagi. 

Masih di Bangkok. 

Masih di hostel yang sama.

Gw bangun sambil mikirin mo ke mana destinasi gw selanjutnya. Tetap di Bangkok kah? Atau pindah kota kayak ke Chiang Mai lalu ke Chiang Rai? Lalu dari Chiang Rai ke Mae Sot, nyeberang ke Tachileik di Myanmar? Tapi kalo begini mah, ga cuma bisa di Tachileiknya doang, ga bisa keluar kota ini (rules-nya saat itu begitu, gatau deh sekarang). Apa kudu langsung ke Myanmar naik pesawat? Kudu cek tiket dulu. Atau explore selatan Thailand? Ke arah Hua Hin, lalu Hat Yai terus nyeberang ke Malaysia? Intinya kudu cek modal dulu. 

Cek dompet mini, duit Baht gw kurang dari 200-an. FYI, kalo travelling gini gw selalu bedain dompet gede dan dompet kecil. Dompet gede isinya ya yang sehari-hari gw bawa kalo di Indo, kayak KTP, ATM, kartu asuransi, SIM, duit cash. Tapi kalo lagi travelling gini, gw tinggalin tuh dompet di tempat aman, trus pake dompet mini buat bawa cash secukupnya, plus ATM dan kartu asuransi. ATM buat jaga-jaga kalo butuh duit extra dan kartu asuransi untuk jaga-jaga kalo gw kecelakaan. Koin-koin gw taroh di pouch kecil lain. Tapi karena kemaren-kemaren gw bawa passport buat beli tiket, jadinya KTP ga gw bawa, dan ATM juga ga, biar berhemat sesuai cash yang gw bawa. 

Nah, karena duit cash menipis, gw mo narik ATM aja, karena gw pake CIMB Niaga, bisa langsung narik cash dalam Baht dengan rate yang lumayan oke lah dibanding Money Exchanger ecek-ecek. Pas gw rogoh isi tas gw buat nyari dompet, tiba-tiba keringat dingin mengucur! Gw ga nemu dompet guwa! 

Gw bongkar deh isi tas gw. Tas gw cuma satu ransel 40Liter, dengan beberapa kantong. Plus satu waistbag merah. Gw rogoh tiap kantong, ampe pouch-pouch kecil yang gw bawa. Ampe baju-baju yang terlipat juga gw bongkarin! Tetap ga nemu!

Gw terdiam...

Merenung...

Terakhir kali kapan ya gw ambil dompet? Pas di Hanoi dan Vientiane gw masih sempet ngerogoh dompet gw. Masih ada. Pas di Nong Khai nih, rada blur. Kayaknya masih ada, tapi kayaknya ga. Yang jelas setelah masuk ke Thailand gw udah ga ngecek dompet lagi. Selalu bawa dompet mini aja. Pas di Bangkok juga sama, gw ga ngecek-ngecek dompet lagi! Damn!

Hilang di manaaa coba? 

Gw mikir...

Mau panik, ga bakal nyelesaiin masalah.

Oke, first thing first, gw kudu inget-inget isinya apa aja di dalam dompet. Kartu-kartu penting kayak KTP, ATM dua, kartu asuransi, kartu bpjs, SIM A dan C. Kartu kredit ga punya, syukurlah. Untuung passport aman karena sedari kemarin gw bawa (mari berpikir positif). Oke, ATM nih. ATM bank A gada isinya. Aman kalo ada yang mau nguras isinya, silahkan! Hahahaa... 

Welp. Kartu ATM niaga nih, yang mengkhawatirkan. Isinya ga seberapa juga si sebenernya 😅 tapi gw coba cek mobile banking. Ga ada transaksi apapun! Harusnya gw blokir kartu gw, tapi kan kudu nelpon yah, international call pula. Hadeeeeh, mana gw ga punya SIM lokal. Tapi entah mengapa insting gw bilang dompet gw hilang, bukan dicuri dan bukan dijambret. 

Tapi hilang.

Kalau beneran hilang, ga perlu buru-buru diblokir, nanti aja pas di Indo baru blokir. Toh gw bisa cek transaksi dari hape (kalo nemu free wifi). Duit Baht sisa 200 kurang. Masih ada si duit Kip Laos. Tapi dari kemarin sejak di Hanoi susah banget nemu money exchanger yang mau nuker mata uang Kip. Entah di Bangkok nih. Kudu dicoba, at least masih ada duit lah. Oke, sekarang next step-nya apa? 

Yang jelas hari ini gw kudu check-out

Should I extend my stay? 
Should I go back to Indonesia?  
Should I ignore all of them and just continue my adventure?

ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Worst days on my backpacking trip. But the show must go on, stay Calm, Chill and #WeWillKeepWalking pas banget nemu foto mural ini di jalanan Bangkok 😄

Setelah menenangkan diri dan mempertimbangkan matang-matang, gw memutuskan untuk balik ke Indo aja. Gw udah hampir ga ada duit. Perjalanan ini juga beneran based on guts aja, duit beneran terbatas! Kalo gw lanjutin mungkin bisa, tapi kudu nyari kerjaan secara ilegal nih. Dan gw ga bawa laptop, jadinya ga bisa 'jual' skill design gw. 

Now, next question. How can I go back to Indonesia?


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever

Gw milih nelpon temen gw, minjem duit buat beli tiket, hehee. Untuung ada temen-temen baik yang bisa diandalkan! Gw dah cek trav***** nyari tiket termurah buat balik. Nemu kurang lebih 700 ribuan! Lucky pisan! Padahal biasanya sekitar sejutaan lebih saat itu. Lalu gw share ke temen gw, minta tolong beliin dulu. Ngutang heula 😅

P.S. Kalo mo minta tolong, better riset dulu mau yang mana, biar yang dimintain tolong ga repot-repot juga, langsung eksekusi aja. Kalo gw sih yaa...

Sayangnya tiket pesawatnya tuh masih 3 malam dari sekarang! Dan gw kudu check-out hari ini! Gw bisa extend, masih bisa dapat promo buy 1 get 1, tapi ganjil nih, rugi sehari. Total sekitar 210 ribuan. Gw coba cari hostel yang murah-murah, kalo bisa di bawah 50 ribu rupiah. Nemu, banyak yang area Khaosan Road dan sekitarnya. Balik ke kota tua lagi nih. Kalo ke sana, gw kudu hitung tarif transport dari sini ke kota tua, lalu dari kota tua ke Don Mueang. Akhirnya nemu di area deket Phra Khanong, deket BTS On Nut dan Bang Chak, cuma beda 1-2 stasiun. Bisa jalan kaki! Kalo deket BTS kan nanti gampang ke Don Mueang. Cek foto dan review, not bad lah untuk harga segitu. Horeee. Harga per harinya 99 baht, total 3 hari kurang lebih 110 ribu rupiah. Murah pissaaan! (lalu gw menyesal belakangan). Gw minta tolong lagi temen gw bookingin dulu. Baik ya temen gw? 

Tapi langsung gw bayar lunas looh, pas udah dapat duit 2 bulan kemudian 😤 Kalo mo ngutang jangan lupa bayar guys!

Plan secara besarnya udah siap, tinggal eksekusi. Nah, tinggal plan kecilnya nih, what will I do between these 4 days? Anyway, yang jelas sekarang gw kudu siap-siap dulu buat check-out di S7 hostel ini sebelum jam 12. Dan setelah jam 2 siang baru bisa check-in di hostel yang baru. Akhirnya beberes lagi barang-barang gw yang berserakan, masukin dalam tas, lalu mandi.

Gw cek peta, ada pasar basah deket sini; Khlong Toei Market. Gw memutuskan ke sana aja, lalu makan siang deket situ. Sekitar jam 10.30-an, gw turun ke bawah dengan membawa barang-barang gw. Handuk gw balikin, lalu deposit duit gw terima (eh, gw lupa soal deposit B100 ini, jadi gw dapat extra B100. Yayy!). Tas gw titip di resepsionis, lalu mereka simpan di ruang penyimpanan di belakang area resepsionis. Kelar check-out, gw jalan deh ke arah Khlong Toei. Cuman sekitar 4kiloan koq. Easy!

Kehujanan

Dari area hostel, gw tinggal nyeberang jalan lalu menelusuri King Rama IV Road, jalan gede yang di kiri-kanan jalannya banyak ruko-ruko, ga begitu tua tapi ga begitu baru juga. Tapi di beberapa spot nampak bangunan baru dan modern untuk shopping maupun hangout.


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Mulai hujan, gw mulai berteduh

Baru sekitaran sekilo jalan, gw ngerasa ada tetesan hujan dari atas. Lalu ujug-ujug... 

JEGEERRRR... 

Ujannn. Gede pulak. Untung gw ga jauh dari jejeran ruko-ruko yang sedang tutup, dan ada kanopinya. Gw neduh aja di situ. Ruko-ruko dengan pintu roll aluminium berjejer, di depannya ada trotoar selebar semeter kalik. Yang jelas ga cukup lebar soalnya air hujan masih bisa membasahi hampir selebar badan trotoar. 

Semenit berlalu. Masih hujan.

10 menit berlalu. Makin deras hujannya. Gw yang tadinya berdiri, kini duduk di depan pintu salah satu ruko. Untung antara trotoar dan lantai ruko ada naikan dikit jadi bisa duduk. Dikit.


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Hujannya makin gede, sodara-sodara!

Next 10 minutes. Hujan tetep deras. Gw ngantuk. Dengan posisi semi jongkok, lama-lama kedua tangan nempel di atas lutut. Kepala nyender di tangan. Tidur deh gw😅 Kayaknya gw tidur sekitar 15-an menit. Pas gw kebangun, hujan udah ga deras, tapi masih ada. Sekitar 10 menitan kemudian baru mulai rintik-rintik. Setelah mastiin langit aman dari hujan, gw pun lanjut jalan. 


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Akhirnya gw duduk di emperan toko sampe ketiduran! Bangun-bangun, masih hujan aje!

Akhirnya sampai lah gw di Khlong Toei market, pasar basah di area sini. Seperti layaknya pasar, ya, jualannya dari sayuran seger, buah-buahan, ikan seger ampe ikan asin! Gile, bau ikannya semerbak cuy! Palagi ikan asinnya. Jadi laper kan. Pengen cari makan, tapi kudu cari yang murah. 


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Menuju pasar tradisional, malah nemu pasar modern, Suan Plern Supermarket 

ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Tesco Lotus Plaza, di deket supermarket tadi

ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever, khlong toei
Akhirnya sampe juga di pasar!

ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever, khlongtoei market
Khlong Toei Market


Gw ada ide! Gw cari tuh sevel terdekat. Makan mie instant aja. Cukup 13 baht, dapat mie instant yang mini! Hurraay. Kelar makan, gw cek jam udah hampir jam 2-an. Saatnya balik hostel buat pindah hostel. Ribet yak?

ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Mie instant cup, murah, cuma 13 Baht!

Change Hostel

Long story short, gw sampe di hostel S7. Hostel baru nan nyaman ini harus gw tinggalin biar bisa hemat. Hostel yang udah gw book setelahnya entah bakal bagaimana. Semoga aja nyaman. Finger crossed. Jarak dari S7 hostel ke Hostel 24 Guesthouse ini hanya berjarak 2 stasiun BTS, atau sekitar 2 kiloan. Letaknya antara stasiun BTS On Nut dan Bang Chak, tapi deketan dari Bang Chak . Apakah gw naik BTS? Demi berhemat, tentuu gw jalan kaki saja!

Dari S7 hostel gw jalan ke arah tenggara, menyusuri jalan gede, masih jalan Sukhumviyt kalo ga salah, ngikutin jalur BTS aja. Di depan sana, jalan gede ini memotong sungai Phra Khanong. Untuk kendaraan bermotor, tinggal lurus aja, tapi buat pejalan kaki harus sedikit detour dulu. Ambil jalan kecil di bawah fly over, lewatin pier lalu ada jembatan untuk pedestrian. Area di bawah kolong fly over ini rame juga, ada pasar kecil gitu deh. Pas udah nyeberang sungai, setelah lewatin pasar, gw lanjut lagi ke arah jalan gede. Mulai ketemu ruko-ruko lagi. Sayangnya gw ga sempet jepret foto di sini, karena fokus gw langsung sampai ke hostel. 

Di jejeran ruko tadi, gw lihat ada Money Exhcanger. By looks, nampak official, soalnya nampak seperti kantor beneran, bukan berupa bilik. Gw cobain aja peruntungan gw, nanya ke mba-mba yang jaga. Bisa ga nuker duit Laos Kip ke Thai Baht. 

BISA! 

YAAYYYY!!!

Akhirnya gw tukerin deh duit Kip gw. Sayangnya ga bisa semua dituker, mereka cuma nerima pecahan gede doang. Whatever, yang penting ada duit baht extra! Setelah melakukan transaksi, akhirnya gw punya duit total sekitar 1000-an Baht untuk survive di Bangkok selama 4 hari!

EASY! Bangkok kan murah cuy!

Udah, lanjut deh gw jalan ke arah hostel. Setelah lewatin BTS On Nut, gw masih kudu jalan lagi lewatin beberapa Soi alias jalan kecil. Kudu nyari Soi Sukhumvit 93. Pas nemu jalannya, tinggal telusurin jalan tadi, lalu masuk ke lorong ke dua di sebelah kiri. Di depan Soi Sukhumvit 93 ini ada sevel dan pasar kecil lagi. Di sebelah kanan jalan merupakan area condo mewah, sementara di sebelah kiri jalan merupakan ruko-ruko kecil dan banyak pedagang kaki lima di sekitar sini. Kontras banget kiri-kanan jalannya. Ah, yang penting buat nyari makan gampang di area sini.

Banyak Songthaew nongkrong di sini, lagi ngetem nyari penumpang. Songthaew tuh semacam angkotnya Thailand. Bentuknya kayak kijang pick up ngotak gitu, tapi bagian belakangnya dipakein kanopi terbuka. Penumpang duduknya berhadap-hadapan gitu di belakang. Kalo penuh, bisa berdiri di pintu belakang. 

Hostel 24 Guesthouse
(I warn you, it's bad! Level kenyamanan gw rendah, gw bisa tidur pulas di mana aja, but this one is below my level!)

Lalu ketemu lah gw lorong kedua! Di depan lorong ada pager kecil gitu, dan papan bertuliskan Hostel 24 nempel di paga. Dan ga jauh dari depan ada signage gede bertuliskan Hostel 24 Guesthouse. Dan di depan pintunya ada stiker bertuliskan... Hostel 24 Guesthouse. Wow! Ga susah si nemunya. Tapi...


ASEAN, Backpacking, backpacking asean, Backpacking murah, Bangkok, BTS, Budget Travelling, budgeting, Flashpacking, google maps, hostel, Indochina, KBRI, lost, thailand, Travelling, Travelling Murah, worst days, chill, lost wallet, worst hostel ever
Hostel 24 Guesthouse, worst hostel ever in this trip!

Sebelumnya, gw deskripsikan dulu areanya. Di sekitar lorong-lorong ini merupakan area pemukiman penduduk sekaligus ruko juga. Rata-rata ruko untuk penyedia layanan jasa gitu, seperti servis AC. Hostel ini satu-satunya yang menyediakan layanan penginapan di lorong ini. Semua bangunan setipe; desain ngotak 3 lantai dengan lantai pertama sebagai kantor. Hostel gw, lantai pertamanya sebagai resepsionis sekaligus mini restoran, warung dan common room untuk penghuni hostel. 

So far, sounds good. Tapi...

Pintunya depannya terkunci. Gw mencet tombol bel di depan pintu. Ga ada yang nyahut. Gw coba ngintip di dalam, ga ada orang. Lampunya juga redup. Nyala, tapi madesu. Koq asa mencurigakan ya. 

Coba mencet lagi. Sepi. Ketok-ketok. Sepi.

Mencet bel lagi. Kaga ada yang nyahut! Buset dah! Gw coba tanya di ruko sebelah, bilangnya dengan bahasa tubuh, coba pencet lagi aja belnya. Tetep kaga ada orang! Coba ketok-ketok. Coba gedor-gedor. Masi sepi.

Gw nengok ke atas, lihat di lantai dua, jendelanya kebuka. Gw coba teriak.

krik-krik-krik....

"Helloo"
"Sawaddee Kraap"
"Spadaa"
"Samlekuuum"
"Oii, anj**g!"
"Bangsaaaat"

Masi dong gada yang jawab. Gw udah teriak heboh-heboh kaga ada tanda-tanda kehidupan dari dalam gedung ini. Orang-orang sekitar juga pada cuek. Anjerrr. First Sign of problem nih. 

Sialnya gw dah bayar bookingan ini. Sialnya lagi gw gada internet buat cancel atau complain. Sialnya lagi gw gada pulsa untuk nelpon resepsionisnya. Jadi satu-satunya cara ya, kombinasi mencet bel, gedor-gedor pintu sampai teriak. Ada kali 40 menitan gw begitu, akhirnya ada yang nyahut! 

Fyuh!

Ada ibu-ibu, umur sekitar 50 tahunan, tapi visual dan auranya nyentrik gitu. Pake yoga pants dan kaos olahraga, dengan rambut dibalut kain jadi kayak turban dan kacamata gede menghasi mukanya. Doi turun tergesa-gesa sambil cengengesan tanpa rasa bersalah. Hadooooh...

Gw pun dibukain pintu, lalu doi bilang lagi nyuci di lantai tiga jadi ga kedengeran. Gw tanya kemana staf yang lain. Cuma ada dia dan satu lagi staff bule tapi lagi ke luar. Hmmmmhhh. Gw kasi tau udah 40 menitan gedor-gedor pintu masak gada orang di dalam. Dan komplen gw lost in translation karena doi bahasa Inggrisnya broken. Haiiiishhhh...

Akhirnya gw check-in. Nunjukin bukti bayar. Yang aneh, dy mikir gw booking dari book***om, tapi gw tunjukin trav****a, trus dy ga kenal app itu. Kayak gw dicurigain bohong. Anjerrr. Udah berapa signs of problem nih daritadi. Setelah debat dikit, akhirnya doi nyerah dan bakal cek ke staff nya aja. Lalu gw di antar ke atas, di lantai dua.

Di lantai dua ini ada dua kamar, satu buat dorm, satunya buat private room. Lantai tiganya juga demikian. Ada dua ruang toilet sekaligus shower room di lantai ini. Masuk ke kamar dorm, di ruangan kecil ini ada 8 bunk bed! Dan per bunk bednya tuh 3 susun! Dan jarak antar bednya sempit banget! Ditambah ada satu loker room dalam ruangan, kalo penuh ada 24 orang dalam ruangan sesempit ini! Ohiya, di ruangan ini yang nyala cuma kipas angin! AC nya pajangan doang. 

Untung lagi ga penuh! Tapi ada beberapa orang yang tiduran. Eeeh kan kampret, daritadi gw teriak-teriak di bawah mereka cuek anjeerrr. Gada yang respon. Gw jadi ilfeel buat bersosialisasi ama mereka! Dan untung gw posisinya di bed paling atas, di sudut ruangan!  Jadi bisa mengisolasikan diri! Bodo amat!

Tapi gw masih mencoba berfikir positif. Soalnya jomplang banget dibanding hostel gw sebelumnya, jadi gw mungkin bias. Padahal cuma beda sekitar 50 rebu rupiah lah. Bedanya jauh! But, let's keep positive! Kelar unpacking, gw cek wi-fi. Not bad lah. Ga begitu kenceng, tapi masih berfungsi. So far plus point-nya itu doang.

Lalu gw ke toilet. 

FUCK!!!

Ada yang habis muntah di toilet yang satu. Jadi cuma satu yang available. 

FIX! The WORST HOSTEL EVER!

Gw nyesel langsung booking 3 malam di sini. Kudu bertahan.

😐😐😐
---

Malam tiba, not much to do, not much to see. Paling gw ke depan doang beli makanan. Beef noodle. Enak untungnya. Penyemangat hati di tengah kesialan gw seharian ini. 

Balik ke hostel. Lah, pintu depannya kebuka. Orang-orang pada nongkrong. Beda banget ama tadi sore, kayak hotel zombie, sekarang kelihatan hidup! 

FUCK YOU ALL!!! Teriak gw dalam hati 😛

Gw coba ikutan nongkrong. Jadi si ibu nyentrik yang demen cengengesan tadi tuh aslinya Pinoy alias orang Filiphina, tapi Inggrisnya ngaco. Ramah si, tapi first impression gw tentang dia udah jelek aja. Lalu ada bule cewe, orang Aussie yang jadi staffnya. Staff sementara. Doi juga lagi nyari gawean di Thailand. 

Enak banget ya, bule-bule ini bisa dengan mudahnya nyari gawe di negara asing. Gw juga pengen. Gw cari tau gimana caranya. Ya, katanya bergaul aja. Jadi, Kalo orang Indo bisa dapat Thai Visa tuh minimal 1 bulan free, maximal 3 bulan tapi kudu bayar. Kalo mereka kan bisa kudu bayar tapi bisa langsung berbulan-bulan. Selama itu mereka cari aja kerjaan. Tapi cuma bisa kerjaan informal, kayak jadi staff hostel, massage parlor, nyanyi dan sebagainya. Worst case jadi begpacker.  Nah, gw skip deh.

Ada salah satu bule cowo di ruangan itu. Dari bahasanya, kayak Rusia gitu. Ketawanya ribut banget. Tapi ramah si. Dan lagi mabuk. Buset, malam baru tiba dah mabok aja. Kata si cewe Aussie tadi, emang doi demennya mabok. Dan dikit-dikit ngeflirt dan nyari-nyari kesempatan ke si cewe Aussie tadi. Dy ngajak gw ngobrol. Setelah perkenalan, karena dy tau gw dari Indonesia dan di sana banyak muslim, dy langsung ngucapin "Assalamu alaikum" ke gw. 

Bule botak pemabok berbahasa Rusia ini ternyata muslim. Dy ternyata dari Tatarstan. Nah, baru denger gw tuh. Setelah ngecek internet, di Rusia yang luas itu tuh banyak republik-republik kecil. Tatarstan salah satunya, dan letaknya dekat dengan Kazakstan yang mayoritas Islam, tapi isinya orang-orang Tatar dari Crimea Peninsula yang bermuka bule totok tapi Islam. Begituu...

Yah, gw ga mau lama-lama ngobrol di sini. Dah ilfeel aja daritadi. Mending langsung naik ke atas. Masuk ke kamar, buset, dingin banget! Ternyata AC pajangannya dah dinyalain! Semakin malam, semakin rame tuh kamar. Ada satu rombongan bule yang check-in pula. Gw berharap tengah malam gada yang ngorok. 

Eh, taunya gw yang ngorok 😝

-----

Besok ngapain yaa? 

Yang jelas gw kudu ke KBRI kayaknya...


--- つづく

Damage Cost
Lunch+Drink B23
Dinner Beef Noodle+drink B50
Hostel (3nights) B297 

TOTAL (rate saat itu) IDR 148.000

TIPS
To book a Hostel, make sure you read all the reviews and check the pictures! If all were good but the reality aren't quite expected, then you're officially fucked!

Comments

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo