Day 6 - Arashiyama, Kyoto - Jepang, 9 Hari, 9 Kota, 8 Juta Rupiah

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, tomato kyoto hostel, arashiyama

Hari ke-6!

Wait, wait. Gua sampai di Kyoto di hari ke-5 malam, tapi ga malam-malam amat. Jadi gua mau ceritain dulu suasana pas tiba di stasiun Kyoto naik bus. Turun dari bus di Kyoto Station, langsung disapa oleh Kyoto Tower! Bagus banget, sayangnya hasil foto jepretan gua jelek, jadi ga gua tunjukin di sini.

Dari sini, gua jalan ke timur, sekitar 10 menitan di tengah terpaan angin malam. Udaranya ga sedingin Nagoya sih, tapi kenceng banget anginnya, karena di sekitar stasiun banyak gedung-gedung perkantoran yang tinggi, jadi wajar 'angin lembah' seperti ini bertiup. Pakaian gua udah kayak orang mau naik gunung; jaket tebal, kupluk, hoodie jaket dinaikin, syal 3 lapis, kaos tangan. Bandingin ama orang lokal, terutama wanita, yang cuma pake jaket tebal selapis tapi bawahnya rok mini. Ajib yah mereka. Hehee.

Kyoto Tomato Hostel

Akhirnya sampai di hostel. Lokasinya berada di jalan kecil, dekat perumahan warga. Sepi dan tenang, cocok deh kalau mau istirahat di sini. Jalan kaki ga sampai 2 menit udah langsung jalan raya, dengan deretan warung makan yang enak, serta beberapa combini juga dekat lokasinya.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, tomato kyoto hostel
Suasana depan hostel, perumahan penduduk yang tenang. 
Gua pilih hostel ini karena sama ama nama gua –nama email gua letterstomato, surat-surat ke Mato, kadang dipelesetin surat-surat tomat-- ga ding, becanda. Hostel ini yang paling dekat dengan stasiun dan juga 'murah' yang gua temuin di internet saat itu. Murahnya pake tanda kutip, karena bisa lebih murah lagi. Tapi gua ga nyesel milih hostel ini, karena pengalaman hostel yang paling asik menurut gua. Semua karena keberadaan kotatsu di common room, atau ruang kumpul mereka.

Bagi yang ga tau kotatsu, ini merupakan karya orang Jepang yang jenius! Meja kecil lesehan namun dilengkapi dengan penghangat di bawah mejanya, dan selimut. Jadi kita bisa masukin kaki sambil ngangetin badan di kotatsu! Plus ada bean bag di common room, jadi bisa sambil tiduran, malah di film-film, bisa sambil masak! Di sini gua kenalan dengan Ryou-san dan Mayu-san.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, tomato kyoto hostel, kotatsu
Kotatsu di common room, paling demen nongkrong di sini.
Ryou-san adalah staff di sini, sudah off duty saat itu. Bahasa Inggrisnya ga begitu lancar, tapi karena sesama otaku jadi nyambung deh ngobrol. Lalu nongol Mayu-san, gadis lokal masih mahasiswa tahun pertama, travelling sendiri ke Kyoto untuk ngabisin spring vacation-nya. Dia jago bahasa Inggrisnya. Bertiga kita ngobrol di kotatsu. Sampai tengah malam banget! Sebenarnya gua lebih milih tidur di dalam kotatsu si, lebih hangat, karena begitu keluar ruangan, dingin! Tapi akhirnya balik ke kamar juga.

Kamarnya sendiri, bentuknya kamar dorm dengan bunkbed, memakai futon, maksimal 4 orang per kamar. Wifi kenceng, WC dan shower room bersih, air hangat available. Di dapur ada microwave, dan water heater. Selain solo traveller, ada juga pelancong sekeluarga dari Hongkong. Jadi cocok untuk solo maupun grup. Keramahan staf nya jangan ditanya, gua ampe temenan ama mereka, hehee.

Malam itu gua ngelaundry. Mesin cuci dan detergen gratis! Kekurangannya cuma ga ada dry machine nya, dan ruang outdoor untuk ngejemur. Karena gua bakal dua hari di sini, jadi ga masalah. Lagian baju yang gua bawa udah hampir kepake semua. Untuk ngejemur, di tiap kamar disediain semacam kamarnya Doraemon. Lemari pintu geser yang bisa dijadiin tempat tidur, bisa juga buat well, lemari.

Rate
Gua bayar hostel ini via Traveloka sebesar ¥2.900 untuk 2 hari. Which is sangat mahal ternyata! Baca rate card-nya di resepsionis, harga kamar aslinya cuma ¥1.000 per hari dan saat itu lagi ada diskon spring vacation jadinya cuma sekitar ¥800an. Sedih ga? Kalau mau cek harga terupdate, klik di sini aja. 

Ayam-ya Ramen Halal

Akhirnya hari ke-6 juga. Hari tersial gua di sini. Dari pagi, gua kesiangan, sedih ga (2) tuh? Bangun-bangun udah jam 11 siang aja! Saking nyamannya tidur di dalam futon, plus akumulasi capek jalan berhari-hari nih. Tapi emang nyaman banget si tidur pake futon. Dan ternyata, menurut teman sekamar gua tadi pagi tuh dingin banget ampe salju turun. Oke, makin nyesel dikit, lumayan kan, bisa lihat snow fall lagi. Akhirnya langsung mandi dan siap-siap berangkat. Tsugi wa, Arashiyama Bamboo Groove.

Sebelum ke stasiun, gua mampir dulu ke warung ramen halal dekat sini, namanya Ayam-ya ramen. Di depannya ada logo halal dari Japan Halal Standar. Masuk ke dalam, seperti biasa pesen menu di vending machine. Tapi mesinnya bukan digital, masih semi manual gitu. Gua mesen tori (ayam) ramen, special pake telor. Serahin tiket ke staf nya, lalu duduk. Di dalam sudah ada rombongan dari Malaysia, dua berjilbab. Ga lama, datang beberapa orang Jepang juga.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, ayam-ya ramen, ramen, halal, ramen halal
No Ramen No Life katanya! Keren gan!

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, ayam-ya ramen, ramen, halal, ramen halal
Halal sign

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, ayam-ya ramen, ramen, halal, ramen halal
Interior warung Ayam-Ya Ramen

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, ayam-ya ramen, ramen, halal, ramen halal
Ruang sholat
Seperti biasa, minum ocha gratis. Silahkan tuang ke botol kalian, biar ga usah belanja minuman lagi! Untuk barang bawaan di bawah kaki disediakan ranjang. Jadi barang-barang ga boleh ditaruh di atas meja. Ada poster yang menginformasikan, ramen mereka ramen khas Jakarta. Walah, kayaknya pernah lama di Jakarta nih ownernya.

Ga lama kemudian, ramennya datang. Enak loh. Tapi gua lebih suka tsukemen di Nagoya, atau mazemen di Odaiba sebelumnya. Bagi gua loh ya.

INFO

Location : Klik di sini

How to get there : Jalan kaki aja dari Kyoto Station. Sekitar 11 menit. Dari hostel gua cuma 2-3 menit.

Open Time : Lunch time 11.30 ~14.30, lalu tutup. Buka lagi jam 18.00~22.00 untuk dinner. Hari Minggu tutup.

Price : Dari ¥680-850

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, ayam-ya ramen, ramen, halal, ramen halal
Tori Ramen, cuma ¥680, enak dan kenyang.

Money Exchanger

Sampai di Kyoto Station, gua beli Kyoto One Day Bus Pass seharga ¥500. Sebenarnya ada juga One Day & 2 Days Bus & Train Pass, harganya masing-masing ¥1.200 dan ¥2.000. Tapi demi berhemat, gua ambil yang paling murah aja. Dan menurut gua, bus di Kyoto sangat nyaman, karena jauh dekat harga flat! Jadi, kita ga perlu ambil tiket begitu naik sebagaimana bus-bus di kota lain. Tinggal naik, turun bayar, kelar.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto tower, kyoto bus station
Bus Station di depan Kyoto Station, dari sini sudah bisa ngeliat Kyoto Tower
Nah, karena duit ¥51k yang gua bawa udah mulai habis, sisa berapa ribu Yen saja, gua cari money exchanger dulu di Kyoto Station. Ada money exchanger vending machine style. Jadi sudah ada menu-menunya, tinggal milih mau kurs apa, masukin duit, keluar duit Yen. Tapi feeling gua versi face-to-face lebih bagus rate-nya.

Setelah nanya di information center, ada money exchanger lain di lantai 8. Oh iya, stasiun ini seperti stasiun besar lainnya, merupakan superblock juga, yang terintegrasi dengan mall, restoran dan area perkantoran. Lantai 5 & 6 nya merupakan area restoran fine dining, sementara restoran cepat saji di basement.

Tiba di lantai 8, feeling gua bener, ratenya lebih bagus! Langsung nuker $150, dapatnya sekitar ¥16.600an. Dapat napas lagi buat sisa 3 hari gua di Jepang. Turun ke bawah, langsung ke terminal bis, ambil yang jurusan Arashiyama.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station
Money exchanger di lantai 8 Kyoto Station

Arashiyama Bamboo Groove

Perjalanan selama kurang lebih 50an menit, disuguhi dengan pemandangan kota a la Kyoto. Di sini banyak bangunan kecil, yang kebanyakan dipakai sebagai warung makan, yang dihimpit dengan gedung tinggi. Sangat kontras, namun unik. Selain itu, di sana sini banyak kuil besar maupun kecil. Semakin mendekati daerah Arashiyama, suasana kotanya semakin kalem, gedung tinggi sudah ga ada lagi, rata-rata cuma perumahan.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto bus

Sampai di Arashiyama, gua nunjukin kartu ODB pass ke driver. Harusnya sih, kartunya di masukin di mesin dekat driver, di print tanggalnya untuk aktifin. Ama drivernya bilang ga usah, cukup liatin aja. Mungkin dia pikir kartunya udah diaktifin kali ya. Jadinya kartu gua masih aktif. Alhasil, kartu ini gua pake besoknya lagi. Hahaa, jahat ya, gua. Pantesan sial seharian, ntar.

Begitu turun dari bus, langsung disuguhin pemandangan Katsura River, Togetsukyo Bridge, dengan pegunungan sebagai latar, plus yang dipijak adalah batu kerikil putih yang biasa dipakai untuk zen garden. Togetsukyo sendiri berarti jembatan penyeberangan ke bulan, dibangun di era Heian (794-1185) dan direkonstruksi ulang tahun 1930.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto bus
Nonomiya Bus Stop

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto bus, togetsukyo bridge, katsura river
Katsura River dan Togetsukyo Bridge. Kalau puncak musim semi atau musim gugur, pasti makin bagus banget viewnya

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto bus, togetsukyo bridge, katsura river
Togetsukyo bridge, ada yang lagi make jinrikisha atau becak orang tuh

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, kyoto station, kyoto bus, togetsukyo bridge, katsura river
Jalan ke arah hutan bambu
Di seberang sungai ada Arashiyama Park, dengan style zen garden beneran. Kata Arashiyama sebenarnya merujuk ke area pegunungan kayu si selatan sungai, sementara bagian utara bernama Sagano. Tapi keseluruhan area ini bisa disebut Arashiyama.

Dari sini, gua iseng nanya arah ke hutan bambu ama dua gadis lokal. Pengen tau, katanya kalau nanya arah ama orang Jepang, dianter sampe tujuan. Beneran donk! Mereka cuma bilang “Issho ni” artinya, “yuk bareng", lalu kita jalan bareng ke sana, sekitar 5 menitan. Awalnya gua pikir mereka juga mau ke sana, karena gua nanya dalam bahasa Inggris, “oh, kalian juga mau ke sana?”. Mereka haik-haik aje. Pas sampe, mereka pamit. Baik bangeeeet! 

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama
Jalan ke arah hutan bambu

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove
Area masuk ke hutan bambu
Di sepanjang jalan menuju area masuk hutan bambu, banyak rumah-rumah machiya –desain rumah tradisional Jepang-- yang sekarang beralih fungsi menjadi toko yang menjual suvenir dan cemilan khas Jepang, dengan desain toko a la Jepang tentunya. Masuk ke hutan bambunya, kiri-kanan jalan berjejer hutan bambu, gua nikmatin aja suasana kalem yang ditawarin area ini, dengan sesekali angin sejuk berhembus dan cahaya matahari menerobos di antara lebatnya pohon. Jujur, foto-foto gua ga bisa ngerepresentasiin apa yang gua lihat.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove


Hutan bambu ini sebenarnya berada di kawasan perumahan juga. Ada beberapa kuburan rakyat yang gua lewatin. Dan banyak kuil! Gua di sini cuma sekitar 2 jam dan gua nyesel bangun telat. Dua jam doank ga cukup buat explore semua area ini, belum kuil-kuilnya, termasuk Tenryuji Temple yang masuk UNESCO World Heritage. Sedih ga (3)? Next time mau ke sini lagi, di puncak musim semi atau gugur.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove
Kuburan lokal
Di tengah hutan, ada stasiun Torokko Arashiyama, yang menawarkan Romantic Train Sagano, pengalaman naik kereta melintasi hutan bambu dan hutan lainnya, serta menelusuri jalur Katsura River. Di dalam banyak stall yang menjual dango, mochi serta suvenir.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, torokko arashiyama
Torokkyo Arashiyama Station, dari sini bisa naik kereta sambil menikmati pemandangan Katsura River dan hutan pegunungan Arashiyama, cukup bayar 620 Yen.

Dari sini, untuk balik ke jalan utama, bisa melewati hutan bambu lagi, atau ngelewatin rumah penduduk. Gua milih opsi ke dua. Rumah-rumah penduduk di sini, sangaaat asri, bersih, nyaman, simple dan humble, dengan background langit biru. Banyak yang punya taman kecil di depan rumahnya, yang gua yakin ketika puncak musim semi tiba, daun-daunnya mekar, jadi makin keren.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove
Lewatin jalur perumahan lokal

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove
Rumahnya bagus banget gan!

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove
Udah masuk ke jalan utama, bersih banget ya jalanannya.
Tiba di jalan utama, gua ke arah Arashiyama Station. Dari sini gua mau ke Kinkaku-ji Temple, tapi ngelewatin Ninna-ji Temple. Setelah lihat papan informasi untuk cek harga, beli tiket lalu naik kereta. Keretanya sendiri merupakan trem satu gerbong, dan merupakan kereta commuter dari Arashiyama Station ke Hankyu Omiya Station. Katanya sih, trem ini udah berusia 100 tahun dan satu-satunya trem yang masih beroperasi di Kyoto.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Arashiyama Station milik JR, desain interiornya nuansa bambu semua.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Price list dan peta stasiun
TIPS
Access to Arashiyama
Dari Nagoya Station, ada beberapa alternatif;
Naik JR San-In line, turun di Sega-Arashiyama Station, kemudian jalan sekitar 14 menit ke Arashiyama Bamboo Groove. Harga tiket ¥240

Alternatif lain, turun langsung di Arashiyama Station, yang lokasinya di depan area masuk hutan bambu. Naik Karasuma Line dari Kyoto Station ke arah Kokusaikaikan di platform 2, turun di Shijo Station. Dari sini, jalan ke Karasuma Station naik Hankyu-Kyoto Line ke arah Hankyu-Umeda, turun lagi di Omiya Station. Jalan sedikit ke Shijo-Omiya Station naik Keifuku Dentetsu-Arashiyama Line (trem) turun di Arashiyama Station. Total ¥570.

Selain itu, bisa naik bus dari Kyoto Station, naik no. 28 ke arah Arashiyama, turun di Nonomiya Bus Stop, di samping Katsura River. Jalan 3-4 menit ke Arashiyama Bamboo Groove.

What to Do
Arashiyama Bamboo Groove buka 24 jam. Jadi, silahkan datang pagi-pagi banget kalau mau bebas foto-foto tanpa gangguan pengunjung lain. Atau malam-malam, suasananya pasti beda banget.

Berkunjung ke kuil-kuil, ytang tersebar di area pegunungan Arashiyama. Jam bukanya rata-rata dari jam 09.00-17.00, dengan tiket masuk seharga ¥400-500.

Rental sepeda senilai ¥1.000 di dekat stasiun.
Sewa perahu di Hozu River, boat pier nya ada di sebelah timur Togetsukyo Bridge, sekitar ¥4.100.
Monkey Park Iwayatama, dengan sedikit mendaki, bisa melihat kota dari atas ditemani monyet-monyet liar. Harga masuk ¥550, dari jam 09.00-17.00.
Romantic Train Sagano, dari Torokko Saga Arashiyama Station hingga Torokko Kameoka Station, one way ticket seharga ¥620.
Belanja suvenir dan panganan tradisional Jepang seperti mochi, matcha, sanbe di Saga-Toriimoto.
Naik jinrikisha, becak yang ditarik orang (kalau diterjemahin, artinya literally becak orang). Tarif antara ¥5.000-¥7.000 tergantung jauh dekatnya.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station, mochi matcha
Mochi matcha tusuk, di twist, nama lokalnya ga tau. Harganya 120 Yen, enak gan!


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Salah satu kuil kecil di dalam hutan bambu.
P.S. Peak season area ini di awal April untuk puncak musim semi dan minggu kedua November, untuk puncak musim gugur. Selain itu, selama Desember ada Hantaro Illumination, di mana hutan bambu akan diterangi oleh lampion-lampion.


Ninnaji-Ryoanji-Kinkakuji

Pengalaman ke ketiga tempat ini merupakan pengalaman tersedih gua di Jepang. Jadi, ketiga kuil ini berdekatan, dimulai dari Ninnaji – Ryoanji – Kinkakuji. Bisa diakses dengan jalan kaki, sekitar 30 menitan. Tujuan akhir gua pengen masuk ke Kinkakuji doank, dan dua sisanya cuma pengen lihat dari depan. Kinkakuji atau kuil emas ini terletak di tengah kolam dan merupakan kuil aliran zen. Tapi...

Sampai di Kinkakuji: jeng-jeeeng,

“maaf mas, tar lagi tutup!”

Sedih ga (4)?

But anyway, gua ceritain aja di sini. Dari Arashiyama Station, naik trem dan transit di Kitabiranotsuji Station. Stasiunnya kecil, kayak stasiun di Jakarta jaman dulu, di mana ga ada pagar pembatas. Orang tinggal masuk aja. Bayarnya gimana? Kayak naik bus, tiap stasiun, mau turun, masukin duit ke mesin di dekat masinis. Duit pas ya, neng! Tapi yang udah beli tiket, tinggal serahin tiketnya ke masinis. Tremnya sendiri harga flat ¥210 untuk dewasa dan ¥110 untuk anak-anak.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Suasana trem Keifuku Dentetsu, Arashiyama Line, cuma satu gerbong.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station, kitabiranotsuji station
Kitabiranotsuji station
Dari sini naik kereta Kitano Line, ke arah Omuro Ninnaji Station. Lebih kecil lagi stasiunnya, dengan pagar pembatas dari kayu aja. Keluar dari sini, langsung disapa oleh Ninna-ji Temple. Pintu masuknya aja megah banget! Di sampingnya ada kompleks Gochisan Rengeji Temple di mana banyak batu-batu nisan. Emang kompleks kuburan rakyat nampaknya.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Suasana di dalam trem Keifuku Dentetsu, Kitano Line, satu gerbong juga.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, arashiyama station
Bayar di depan gan, di dekat masinis. Ada display informasi buat nunjukin harga.
backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, arashiyama bamboo groove, omuro ninnaji station
Omuro-Ninnaji Station, stasiun kecil juga
Ninnaji sendiri merupakan sekolah biksu, dibangun tahun 888. Karena sempat kebakaran, bangunan dari abad itu udah ga ada yang nyisa. Bangunan yang berdiri sekarang rata-rata dibangun tahun 1600an. Paling bagus datang ke sini di pertengahan April, di mana semua bunga sakura di dalam kompleks kuil sedang mekar.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
Gerbang Ninnaji Temple

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
Gerbang Ninnaji Temple

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
View di depan Ninnaji Temple

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
Such detail!
Gua ga lama-lama di depan Ninnaji Temple, langsung beranjak ke Ryoanji Temple. Sebelum Ryoanji Temple, ada bukit dengan Tori atau gerbang kuil khas Jepang di atasnya. Gua naik ke atas, ternyata ini kompleks pekuburan Sumiyoshiyama, langsun turun lagi, hehee. Di seberang bukit ini Sumiyoshiotomo Shrine, kuil kecil dengan pagar batu yang dipahat dengan tulisan kanji. Ryoanji Temple sendiri terkenal dengan taman batunya, zen style. Dan emang kuil ini merupakan sekolah biksu aliran zen.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
Sumiyoshiotomo Shrine

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple
Sumiyoshiyama Tori

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple
Peta jalur 3 kuil
Lewatin Ryoanji Temple, menuju Kinkakuji Temple, gua ngelewatin perumahan penduduk. Gua senang banget liat perumahan orang-orang Jepang. Ga mewah tapi bikin mupeng. Di sepanjang perjalanan Ninnaji-Ryoanji-Kinkakuji, melalui jalan lebar yang sepi dengan kontur naik turun, ada banyak kuil-kuil kecil yang dilewati, perumahan penduduk, combini tentunya, hingga Ritsumeikan University, kampus yang dibangun dari tahun 1869.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple
Perumahan penduduk

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple
Akses ke perumahan penduduk lainnya

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple
Di sepanjang jalur ini, ada beberapa landmark ikonik yang bisa dikunjungi
Begitu nyampe ke Kinkakuji, ama petugasnya dikasi tau kalau udah mau tutup jam 5. Damn, kekurangan informasi emang, sedih jadinya. Terpaksa lari pulang sambil nangis “mamaaa...” Ga ding. Langsung cari bus ke arah Kyoto Station aja. Dikasi tau petugas tadi, jalan sekitar dua blok ke arah barat, nunggu di Nishioji-dori (dori = jalan).

TIPS
Access to Ninnaji Temple
Dari Kyoto Station, naik JR San-In Line ke arah Sonobe, lewatin 5 stasiun, turun di Uzumasa Station. Jalan dikit ke Satsueisho-mae Station, naik Keifuku Dentetsu-Kitano Line (trem) ke arah Kitano Hakubai-Cho, lewatin 4 stasiun, turun di Omuro-Ninnaji Station. Kuilnya udah kelihatan dari stasiun ini. Total ¥410.

Atau naik bus dari Kyotoeki Bus Stop di depan Kyoto Tower, turun di Omuroninnaji Bus Stop, seharga ¥230. Kuilnya langsung kelihatan dari sini.

Dari Arashiyama, selain dari Arashiyama Station yang gua sebutin di atas, bisa dari Saga-Arashiyama Station, naik JR San-In Line ke arah Kyoto lewatin 2 stasiun turun di Hanazano Station, seharga ¥190. Setelah itu jalan ke Ninnaji Temple sekitar 22 menit.

Access to Ryoanji Temple
Dari Ninnaji, jalan kaki sekitar 15 menitan, atau naik bus dari Omuroninnaji Bus Stop dan turun di Ryoanjimae Bus Stop seharga ¥230.

Dari Kinkakuji, jalan kaki sekitar 15 menitan juga.

Access to Kinkakuji Temple
Dengan jalan kaki, dari Ryoanji sekitar 15 menit, dan dari Ninnaji sekitar 30 menit.

Dari Kyoto Station, jalan dulu sekitar 7 menit ke Karasuma Nanajo Bus Stop, di depan kuil Karasuma. Naik bus no. 205 turun di Kinkakujimichi Bus Stop, seharga ¥230. Dari sini jalan kaki sekitar 5 menit.

Entrance Fee
Ninnaji Temple ¥500, namun musim cherry blossom menjadi ¥600.
Ryoanji Temple ¥500
Kinkakuji Temple ¥400

Jam buka dari jam 09.00-17.00, penjualan tiket terakhir 30 menit sebelum tutup. Ingat ya, jangan sampai kayak gua.

What to Do
What else selain foto-foto dan enjoy the view?


Nishiki Market (Nishiki Ichiba)

Sampai di Kyoto Station, perjalanan sekitar 40-an menit, udah malam jam 7-an. Mau langsung balik ke hostel, jamnya masih nanggung! Akhirnya gua cek TripAdvisor, ketemu Nishiki Market. Langsung naik bus ke sana.

Nishiki Ichiba, atau Nishiki Market, sesuai namanya, adalah pasar tradisional terkenal di Kyoto. Meski ada kata tradisionalnya, tapi jauh dari kesan kumuh, jalannya sudah di paving blok. Terkenal juga sebagai Kyoto's Kitchen, makanya yang dijual di sini ga jauh-jauh dari urusan dapur. Dari cemilan khas Jepang, sushi, asinan, fresh seafood, hingga pisau dan cookwares. Semua produk yang ditawarkan di jalan kecil sepanjang lima blok ini, merupakan produk lokal.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, nishiki market
Shijo-Takakura Bus Stop. Area ini merupakan kompleks sibuk, di mana banyak perkantoran dan area perbelanjaan, dari brand lokal maupun internasional
Sampai di halte bus, jalan dikit sampai deh. Dan kecewa lagi! Karena sudah banyak toko yang tutup. Ternyata, kebanyakan tokonya udah tutup jam 6 sore, sedih lagi ga (5) Gila, hari sial mulu dah. Untung masih rame, dan ada beberapa toko yang masih buka.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market
Nishiki Market, udah sepi gan!
backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market
Matcha dango, cuma 200 Yen saja
backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market
Fresh seafood, bikin ngiler aja

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market
Taiyaki dengan filling coklat, cuma 180 Yen
Gua telusurin aja, sambil foto-foto. Seafood yang ditawarkan, fresh atau processed, meski kebanyakan sisa hari itu, tapi tetap menggiurkan. Sampai di ujung Nishiki Market, terdapat Teramachi Shopping Arcade. Paralel dengan Teramachi, terdapat Shin-Kyogoku Shopping Arcade. Dua jalan lebar ini, kiri-kanannya merupakan toko dengan brand-brand lokal maupun impor, juga makanan, mirip MBK di Bangkok versi indoor lah.


backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market, teramachi shopping arcade
Teramachi Shopping Arcade

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market, teramachi shopping arcade, shin-kogyoku shopping arcade
Shin-Kogyoku Shopping Arcade
Ternyata dekat sini, ada Pontocho Alley, dining area rasa lokal terkenal di Kyoto, lokasinya di samping sungai Kamo. Dari sini, tinggal nyeberang sungai udah ketemu daerah Gion juga. Udah gua save di lokasi yang mau gua kunjungin, tapi ga ngeh, dan akhirnya balik. Sedih ga (6)?

TIPS
Access to Nishiki Market
Dari Kyoto Station naik Karasuma Line ke arah Kokusaikaikan di platform 2, lewatin 2 stasiun, turun di Shijo Station, seharga ¥210. Jalan dikit ke arah timur laut sekitar 7 menit.

Atau naik bus no. 5 atau no. 206 dan turun di Shijo-Takakura Bus Stop seharga ¥230. Jalan sekitar 4 menit.

Opening Hours
Tergantung tokonya, rata-rata dari jam 09.00-18.00



Nakau Restaurant

Sepulang dari Nishiki Market, gua sengaja jalan kaki biar bisa explore kota ini di malam hari. And thank God I did it! Gua ketemu resto super murah, yang menjadi highlight gua malam ini yang cukup ngobatin kesialan gua! Oke, gua ga tau jenisnya apa, yang jelas ini restoran cepat saji dengan menu donburi, udon dan soba.

Seperti biasa, mesen menu di vending machine, pilih yang bahasa Inggris. Yang ga biasa, harganya coy! Yang paling murah, semangkok kecil tanuki udon cuma ¥140. Porsi kecil aja gua kenyang sih. Dan the best-nya, salmon bakarnya cuma ¥200 saja, gede lagi.

backpacking, backpacking murah, jalan-jalan, travelling, flashpacking, jepang, kyoto, arashiyama, ninnaji temple, ryoanji temple, kinkakuji temple, nishiki market, teramachi shopping arcade, nakau
Menu yang gua pilih. Kitsune udon porsi kecil 220 Yen, salmon bakar 200 Yen dan tamago 80 Yen.
Info
Lokasi : Klik di sini
How to get there: Jalan kaki aja dari Kyoto Station. Sekitar 11 menit. Dari hostel gua cuma 2-3 menit.
Price : Dari ¥100-690


Habis makan, gua balik ke hostel dan berdoa besok ga sesial hari ini. Sampai di hostel, cek laundryan, udah beberapa yang kering. Yang ga kering? Tengah malam bawa ke common room, naruh di bawah kotatsu. Kan ada penghangatnya tuh. Tinggalin semalam. Besok subuh, kering semua! Hohooo..

Total pengeluaran gua hari ini:
Transport:
One Day Bus Pass ¥500 -hari ini ga kepake
Arashiyama to Ninnaji ¥210
Kinkakuji to Kyoto Station ¥230 by bus
Kyoto Station to Nishiki Market ¥230
Nishiki to Hostel ¥0 - jalan kaki aja
Total transport ¥1.170

Meal ¥1.499 - mulai hari ini, ngemilnya kalap!
Hostel ¥2.900 - untuk 2 hari (untuk harga terupdate bisa kalian intip di sini)
TOTAL ¥5.569

See you in DAY 7, Fushimi Inari Taisha, Byodoin Omotesando, Kiyomizudera Temple

Baca pengalaman gua di Nagoya Castle, Day 5 di sini

Comments

  1. mas, pesan hostelnya itu dimana ya kok bisa dapat murah begitu? barusan saya cari dapatnya sekamar tiga orang 700 k an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara booking direct hostel spy dpt murah gimana ya? Kok bisa rate card cuman segitu

      Delete
    2. Rate card aslinya di resepsionis segitu, murah banget! Kayaknya untuk yang bayar on spot. Tapi ga disarankan sih, apalagi kalau lagi musim turis kayak sekarang, banyak yang full book. Mending bayar mahal dikit drpd ga dapat kan?
      Di imigrasi pas di bandara juga ditanyain lengkap itin ama voucher hotelnya, jadi bwt jaga2 udah dibook dari Indo semua.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dummy Booking For Flight Ticket

Pengalaman Diganggu Ladyboy di Bangkok

Menyusun Itinerary Perjalanan & Budgeting dengan Google Maps

Singapore - Johor Bahru - Kuala Lumpur Lewat Jalur Darat

Pengalaman Tidur di Bandara Haneda, Tokyo